Minggu, 08 September 2024 07:31 WIB

Daerah

Pemkab Kukar Gelar MTQ Antar OPD, Edi Damansyah Tekankan Pentingnya Mengaji Bagi ASN

Redaktur: Redaksi
| 113 views

Edi Damansyah saat memberikan sambutan dalam pembukaan MTQ antar OPD Kukar, di halaman utama Kantor Bupati Kukar di Tenggarong, Jumat (12/7/2024) malam. (Ist)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke – I tingkat Kabupaten Kukar yang berlangsung di halaman utama Kantor Bupati Kukar di Tenggarong, Jumat (12/7/2024) malam.

Agenda ini dibuka langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, dan ditandai dengan pengajian ayat suci Al Quran oleh Sekda Kukar H Sunggono. Kemudian dilanjutkan pemukulan rebana didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Kemenag Nasrun, Ketua MUI, Ketua BAZNAS, Ketua LPTQ, dan ketua panitia pelaksana Dendi Irawan Fahreza.

Edi Damansyah mengapresiasi kesuksesaan penyelenggaraan MTQ antar OPD meski persiapannya sangat singkat. Ia mengatakan antusiasme dan kesigapan para OPD dalam mengikuti MTQ ini patut diacungi jempol.

“Ini adalah kegiatan monumental yang syarat dengan makna, serta akan memberikan dampak yang sangat positif, mulai dari diri pribadi, dan selanjutnya berimplikasi pula terhadap lingkungan dimana kita beraktivitas,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kukar itu mengatakan kegiatan mengaji Al-Qur'an merupakan bagian penting dalam kinerja dan budaya ASN Kukar. Oleh sebabnya, ia menginstruksikan Pemkab Kukar untuk mengawal dan terus mendorong gerakan mengaji di lingkungan internalnya.

Lebih lanjut, Edi menegaskan pentingnya peran Kepala OPD sebagai penggerak program Gerakan Etam Mengaji (GEMA) di lingkungan dinasnya masing-masing. Ia juga menetapkan jargon "ASN Kutai Kartanegara Pelopor Gerakan Mengaji di Kukar".

“Baca, pahami dan terapkan kitab suci dalam kehidupan kita sehari-hari baik sebagai abdi negara di lingkungan kerjanya maupun berada di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap MTQ antar OPD ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan biasa, tetapi juga menjadi sarana untuk memotivasi diri dalam menelaah Al-Qur'an, menjadikannya landasan nilai dalam bekerja, dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan pembangunan, khususnya dalam rangka mewujudkan Kukar Idaman.

Acara pembukaan MTQ ditandai juga dengan pawai atau defile para kontingan para qori–qoriah serta penyampaian tausiyah oleh Al Habib Muhammad Al Athos. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #bupati-kukar #mtq-kukar #mtq-opd #kukar-idaman #prokom-kukar #gema-kukar #mengaji-bagi-asn #asn-kukar 

Berita Terkait

IKLAN