Minggu, 08 September 2024 06:29 WIB

Daerah

Edi Damansyah Buka REDKAR Kukar, Tingkatkan Kualitas SDM dan Kesiapsiagaan Relawan

Redaktur: Redaksi
| 78 views

Edi Damansyah buka SAAT membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) Kecamatan Tenggarong di Balai Kecamatan Tenggarong, Senin (22/7/2024). (Ist)

Tenggarong, Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) Kecamatan Tenggarong di Balai Kecamatan Tenggarong, Senin (22/7/2024).

Pembukaan acara ini sebagai simbolis ditandai dengan menyerahkan perlengkapan relawan yang dilakukan langsung oleh Edi Damansyah.

Dalam sambutannya, Edi Damansyah mengapresiasi para relawan yang telah menunjukkan kesadaran tinggi dengan bergabung ke REDKAR. Ia menekankan bahwa pembentukan REDKAR ini bukan hanya untuk menambah jumlah relawan, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mereka.

“Ini adalah bentuk perhatian Pemkab melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, untuk mengkoordinir dan menyiap siagakan para relawan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kukar itu berharap pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan keterampilan para relawan agar mereka siap dalam kondisi menanggulangi bencana.

Edi pun menegaskan komitmen Pemkab Kukar untuk terus berupaya memenuhi sarana dan prasarana penanggulangan bencana, termasuk memberikan perlindungan kepada relawan dalam bentuk BPJS dan biaya operasional.

“Bahkan nanti dianggarkan untuk biaya operasionalnya. Untuk mengimplementasikannya maka Camat Lurah agar persiapkan hal ini supaya optimal,” ujarnya disambut tepuk tangan para relawan.

Lebih lanjut, Edi berpesan kepada Dinas Damkarmatan untuk membuat program latihan rutin tahunan. Namun, tidak hanya sebagai wadah untuk mempererat persaudaraan tetapi juga mengasah keterampilan para relawan.

Ia juga meminta pemetaan potensi bencana kebakaran dan upaya pencegahannya agar dapat dilakukan dengan lebih efektif.

“Buat juga pemetaan potensi bencana kebakaran dan upaya pencegahannya,” demikian pesannya.

Pelatihan ini diikuti oleh 140 peserta yang berasal dari 12 keluarahan dan 2 desa di Kecamatan Tenggarong.

Hadir pada acara itu sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat beserta Lurah di Tenggarong, Pejabat Eselon II dan Pejabat Fungsional serta undangan lainnya. 


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #redkar #pemadam-kebakaran-kukar #relawan-kukar #penanggulangan-bencana #pelatihan-damkar #kukar-idaman #pemkab-kukar #prokom-kukar 

Berita Terkait

IKLAN