Minggu, 15 September 2024 05:05 WIB

Nusantara

Duet Pramono Anung-Rano Karno di Pilgub Jakarta Mencuat, PDIP Bakal Tinggalkan Anies Baswedan?

Redaktur: Redaksi
| 89 views

Kolase foto Pramono Anung-Anies Baswedan. (net)

Afiliasi.net - PDI Perjuangan membuka peluang menduetkan Pramono Anung-Rano Karno untuk Pilgub Jakarta 2024, alih-alih Anies Baswedan-Rano Karno.

Isu ini berembus usai nama Anies Baswedan tak tercantum dalam daftar dukungan kepada 6 calon gubernur yang diumumkan PDI Perjuangan pada Senin (26/8/2024) hari ini.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Nursyiwan Soejono, membenarkan aspirasi duet Pramono-Rano Karno sedang berkembang saat ini.

"Benar," kata Nusyirwan saat dikonfirmasi, Senin (26/8/2024), sebagaimana diberitakan detiknews.

Namun, ia tak membeberkan alasan adanya perubahan dinamika tersebut.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat, juga mengatakan hal serupa. Ia mengeklaim partainya menerima semua aspirasi yang masuk.

"Aspirasi ada. Aspirasi, kita jaring aspirasi yang disampaikan dari bawah," kata Djarot di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

 

Eks Wali Kota Blitar itu menuturkan ada banyak nama yang diusulkan untuk Pilgub Jakarta, di antaranya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Rano Karno, Adian Napitupulu, Ronny Talappesy, Eriko Sotarduga, Prasetyo Edi, hingga Andika Perkasa, termasuk Pramono Anung.

"Ya (termasuk Pramono Anung), karena itu ada aspirasi juga dari bawah, harus disebutkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Djarot mengatakan keputusan akhir ada di tangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan. Apalagi, Jakarta merupakan wilayah strategis, sehingga keputusan calon kepala daerah yang akan diusung sepenuhnya menjadi hak Megawati.

"Jadi kita berikan sepenuhnya kepada Ibu Ketum untuk menggunakan hak prerogatifnya," jelas dia.

 

 

 

Sebelumnya, nama Anies Baswedan disebut-sebut masuk dalam daftar calon kepala daerah yang akan diumumkan PDI Perjuangan pada Senin (26/8/2024) hari ini. Anies digadang-gadang akan diumumkan sebagai calon Gubernur Jakarta bersama kader PDI Perjuangan, Rano Karno, sebagai wakilnya.

Tepat pada hari ini, beredar foto Anies Baswedan berbalut kain tenun merah tengah mencium tangan sang ibunda, Aliyah Rasyid Baswedan, sebelum menyambagi markas PDI Perjuangan. Beredar pula potret pertemuan Anies Baswedan dan Rano Karno di markas PDI Perjuangan.

Namun hingga acara deklarasi dukungan selesai, tak ada nama Anies disebut. Sosok Anies Baswedan pun tak tampak di antara deretan tokoh yang menghadiri acara yang digelar di Kantor DPP PDIP, Jakarta itu. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #pdip #pilkada-jakarta #pramono-anung #anies-baswedan #rano-karno 

Berita Terkait

IKLAN