Senin, 20 Mei 2024 05:56 WIB

Daerah

Kuota Internet Kemendikbud Cair, Cek Besarannya di Sini

Redaktur: M. Yusuf
| 2.331 views

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Balikpapan, Afiliasi.net - Kuota internet yang dibagikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sudah dicairkan sejak Kamis, 11 Maret 2021.

Kuota internet ini akan diberikan untuk tiga bulan ke depan, yaitu Maret, April dan juga Mei. Dan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulannya dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Muhaimin menerangkan besaran kuota yang dibagikan kali ini lebih sedikit dibanding sebelumnya.

“Pendidikan Anak Usia Dini 7GB, Pendidikan Dasar dan Menengah 10GB, Guru PAUD 10GB, Guru SD/SMA/SMK 12GB,” kata Muhaimin, Jum’at, 12 Maret 2021.

Namun, meski besaran kuota yang diberikan menurun, menurut informasi yang dihimpun Afiliasi.net melalui akun Youtube Kemendikbud, tidak ada pembatasan kuota yang diberikan. Artinya seluruh kuota tersebut bersifat bebas untuk mengakses laman apapun.

Tetapi, terdapat beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses menggunakan kuota gratis ini, antara lain adalah Twitter, Instagram, TikTok, Facebook.

“Kebanyakan aplikasi seperti game, sosial media seperti Facebook, TikTok, dan Instagram," jelas Mendikbud, Nadiem Makarim.

Lebih lanjut, YouTube menjadi salah satu aplikasi yang dapat diakses sebab dari aplikasi tersebut banyak materi pembelajaran yang bisa dilihat oleh siswa.

"YouTube itu menjadi salah satu sumber pembelajaran yang terpenting untuk berbagai macam melihat buruk baik dari sisi guru dan lainnya. Jadinya yang kita lakukan gini, kita kecilkan giganya, tapi kita jadikan itu umum," ujar Nadiem.


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuota-internet-gratis #disdikbud-balikpapan #mendikbud #nadiem-makarim 

Berita Terkait

IKLAN