Minggu, 19 Mei 2024 01:45 WIB

Daerah

Hari Pertama Uji Coba GeNose di Bandara SAMS Sepinggan, Akan Disediakan 800-1000 Kantung Per Hari

Redaktur:
| 2.298 views

Uji coba GeNose di Bandara SAMS Sepinggan oleh komunitas Bandara

Balikpapan, Afiliasi.net - Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan melakukan uji coba penerapan GeNose pada Rabu, 21 April 2021. Pelaksanaan ini ditujukan kepada komunitas Bandara SAMS Sepinggan.

Uji coba ini dilakukan selama satu hari dengan menyediakan 100 kantung GeNose. Kemudian akan resmi diberlakukan kepada calon penumpang mulai Kamis, 22 April 2021. Dalam pelaksanaannya, pihak Bandara SAMS Sepinggan menyediakan 800-1000 kantung GeNose setiap harinya.

“Kita mengantisipasi dengan jumlah traffic penumpang saat ini, kurang lebih 800-1000 layanan perhari,” kata General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Barata Singgih Riwahono.

Barata menjelaskan, keterlambatan penggunaan GeNose di Bandara SAMS Sepinggan ini sebab pihaknya menunggu kedatangan alat.

Teknis pelaksanaannya, calon penumpang akan diminta melakukan tiga tahapan saat menggunakan GeNose, pertama calon penumpang akan diminta menarik nafas melalui hidung dan dihembuskan melalui mulut dengan posisi masker masih digunakan, kedua juga demikian, yang ketiga calon penumpang akan diminta menarik nafas melalui hidung dan dihembuskan ke dalam kantung GeNose.

Bandara SAMS Sepinggan pun menyediakan beberapa opsi jika terbukti hasil GeNose calon penumpang menunjukkan positif.

“Di situ ada ruang isolasi atau konsultasi, nanti disampaikan kenapa positif karena bisa berbagai faktor. Kemudian akan dilakukan uji ulang dengan GeNose atau Rapid Test Antigen,” jelasnya.

Ketika hasil uji ulang calon penumpang kembali menunjukkan positif, maka kebijakan pengembalian uang tiket akan diserahkan kepada masing-masing maskapai penerbangan.

Sebagai informasi, tarif GeNose di Bandara SAMS Sepinggan dikenakan sebesar Rp 40 ribu.


TOPIK BERITA TERKAIT: #genose-sams-sepinggan #sams-sepinggan #tes-covid-19 #barata-singgih-riwahono 

Berita Terkait

IKLAN