Sabtu, 04 Mei 2024 01:06 WIB

Daerah

Lonjakan Kasus di Pulau Jawa, Bandara Balikpapan Gelar Rapid Tes Antigen Secara Acak

Redaktur: M. Yusuf
| 1.759 views

Random sampling yang dilakukan di Bandara SAMS Sepinggan pada Senin 21 Juni 2021 (Humas Bandara SAMS Sepinggan)

Balikpapan, Afiliasi.net - Satgas Covid-19 Balikpapan bersama pihak Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menggelar rapid tes antigen secara acak kepada para penumpang pada Senin, 21 Juni 2021.

Ini disebabkan karena adanya lonjakan kasus di sejumlah daerah, terutama di daerah pulau Jawa. Pemeriksaan pun dilakukan bagi penumpang yang datang dari Jakarta, Surabaya, Semarang dan Jogja.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Barata Singgih Riwahono menyebut kegiatan ini sesuai dengan arahan Dari Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. "Sejauh ini kegiatan berjalan dengan lancar, dan para penumpang dapat memahami kegiatan ini dengan baik," ujarnya.

Pemeriksaan ini dilakukan sejak pukul 14.00-17.00, petugas pun memeriksa sekitar 31 orang dengan hasil negatif Covid-19 semua.

Di kesempatan yang sama, Barata menyampaikan perkembangan traffic penumpang di Bandara SAMS Sepinggan pada 1 hingga 20 Juni 2021 mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020 lalu.

"Terjadi peningkatan sekitar 298%, hal ini terjadi mengingat pada tahun lalu masih adanya masa pembatasan penerbangan. Namun apabila dikaitkan dengan tahun 2019 masih terjadi penurunan sekitar 37%," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyebut adanya peningkatan kasus Covid-19 di Balikpapan. Pada 21 Juni kemarin sebanyak 63 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

"Saya berharap mudah-mudahan angka ini dapat turun terus untuk kedepannya. Adapun dukungan serta peranan dari masyarakat juga dibutuhkan untuk menekan angka kenaikan ini, dengan tetap terus melaksanakan protokol kesehatan 5M dan mengurangi aktifitas di luar rumah," pungkasnya.

Penulis: Rizna 


TOPIK BERITA TERKAIT: #vaksinasi-covid19 #pemkot-balikpapan #rahmad-masud #bandara-sams-sepinggan #barata-singgih-riwahono 

Berita Terkait

IKLAN