Kamis, 25 April 2024 08:41 WIB

Daerah

Dukung Gerakan BISA, Andi Harun Ingin UMKM Segera Pulih dari Dampak Pandemi

Redaktur: M. Yusuf
| 1.617 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat memberi sambutan pada acara sosialisasi gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA) pada Jumat 21 Mei 2021. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Rencana besar Wali Kota Samarinda Andi Harun untuk menghadirkan wajah baru Citra Niaga kian sempurna melalui gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman atau BISA.

Revitalisasi kawasan Citra Niaga yang belakangan membuat masyarakat Kota Tepian penasaran itu sendiri disebut Andi Harun, sebagai upaya optimalisasi pendapatan daerah dari sektor wisata. 

Bertempat di Kafe Khong Djie Jalan Aga Khan Award Komplek Citra Niaga Samarinda. Andi Harun secara khusus hadir mensosialisasikan gerakan BISA yang dianggap sejalan dengan karakteristik warga Samarinda. 

"Karakteristik masyarakat Samarinda lebih menyukai kawasan terbuka untuk menghabiskan waktu," katanya.

Gerakan BISA yang digawangi langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda itu sendiri disebut Andi Harun sejalan dengan revitalisasi atau reinkarnasi kawasan Citra Niaga.

"Saya (Andi Harun) dan Pak Rusmadi sejak awal berkomitmen membawa Samarinda menjadi kota pusat peradaban. Harapan saya pelaku usaha bisa mendukung rencana reinkarnasi Citra Niaga yang akan segera dikerjakan tim pada tahun 2023 mendatang," ungkapnya.

Melalui program itu juga, Andi Harun menyakini bisnis para pelaku UMKM di Kota Samarinda yang terpuruk dihantam Pandemi Covid-19 dapat bangkit kembali.

Terkait dengan rencana revitalisasi Citra Niaga sendiri, lanjut dikatakan Andi Harun jika saat ini tengah dalam tahap pembuatan pra desain, dengan tetap mengedepankan ide dasar konsep perniagaan yang lebih kolaboratif.

"Ide dasar Citra Niaga kolaborasi pedagang besar dan pedagang kecil. Bulan lalu saya sudah berdiskusi panjang dengan arsitek pertama Citra Niaga," bebernya.

Mantan wakil ketua DPRD Kaltim itu turut mengingatkan agar pelaku UMKM mendukung penuh upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan dispilin ketat penerapan protokol kesehatan, dikatakan Andi Harun akan berdampak terhadap upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi.

"Saya terus mengimbau pelaku usaha untuk berkomitmen menerapkan protokol Covid-19 di tempat usahanya," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan jika gerakan BISA ini merupakan transformasi dari gerakan sadar wisata, didukung sejumlah komponen tambahan sesuai dengan kondisi terkini.

"Karena masyarakat yang dicari dulu CHSE nya dulu. Apakah ada fasilitas cuci tangan, apakah bersih, apakah ada keamanan yang mengawasi," ujarnya.

Gerakan ini merupakan instruksi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dalam penerapan seluruh pelaku usaha baik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) wajib memiliki CHSE.

"Sebenarnya mendapatkan sertifikat CHSE mudah sekali, tinggal unduh di website Kementerian Pariwisata, semua ada semua petunjuknya," tutupnya. (Advetorial)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #citra-niaga #tempat-wisata-di-samarinda #diskominfo-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN