Rabu, 22 Mei 2024 08:15 WIB

Daerah

Wujudkan Program 100 Hari Kerja Andi Harun-Rusmadi, Satpol PP Samarinda Tertibkan Lapak PKL di Jalan PM Noor

Redaktur: M. Yusuf
| 1.536 views

Kondisi eks lahan PKL di Jalan PM Noor saat dipasangi pot bunga pada Rabu 19 Mei 2021. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berdiri di Jalan PM. Noor dan DI Pandjaitan, tepatnya di seberang Masjid Babul Hafaza pada Rabu 19 Mei 2021 lalu, ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Samarinda.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kabid Trantibum) Satpol PP Samarinda Ismail menyebut eks lapak PKL sengaja dipasangi pot bunga, mengantisipasi munculnya lapak baru pasca penertiban.

"Sudah diapasangi pot bunga dua hari yang lalu, berarti sudah ada tindakan penertiban," ungkapnya saat dihubungi Afiliasi.net melalui sambungan telepon seluler, Jumat 21 Mei 2021.

Ismail menambahkan, penertiban sejumlah pasar beserta parkir liar itu sendiri sudah menjadi bagian dari program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun-Rusmadi. Kawasan lain yang dianggap melanggar aturan tata kota pun dipastikan akan mendapat perlakuan yang sama.

"Nantinya juga kawasan lain juga akan dilakukan penertiban," imbuhnya.

Turut menambahkan, Kasi BSDA Satpol PP Samarinda Beni saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulur menyebut jika pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi, sebelum akhirnya menertibkan pasar agar para pedagang bersedia membongkar lapak mereka masing-masing. 

"Kalau sudah ada imbauan, berarti mau tidak mau akan ditertibkan," ujarnya menambahkan keterangan Ismail.

Terkahir, Wali Kota Samarinda Andi Harun menuturkan jika kebijakan penertiban pasar dan parkir liar adalah langkah awal untuk mengajak warga Kota Tepian untuk menjaga keindahan dan ketertiban kota.

Tak sekadar membongkar, Pemkot Samarinda pun dipastikan Andi Harun sudah mengantongi rencana relokasi lapak para pedagang ke tempat yang lebih baik dan tidak bertentangan dengan aturan pemerintah.

"Rencananya ke depan akan menyiapkan tempat untuk relokasi PKL yang ditertibkan tersebut. Guna mewadahi lapak pedagang untuk berjualan," pungkasnya. (tim redaksi Afiliasi)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #program-100-hari-kerja #andi-harun-rusmadi 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler