Rabu, 24 April 2024 06:06 WIB

Daerah

Rusman Ya'qub Ingatkan Gubernur Soal PTM: Belajar Daring Tidak Efektif

Redaktur: M. Yusuf
| 1.670 views

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub.

Samarinda, Afiliasi.net –Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Yusma Ya’qub mendukung percepatan pembelajaran tatap muka di Kalimantan Timur. Sebab menurutnya pembelajaran secara daring tidak efektif.

Namun ia tidak menampik semua keputusan makan kembali kepada Gubernur Kaltim, Isran Noor.

"Apapun keputusan gubernur kami backup. Namun kami mengingatkan, jangan terlalu lama belajar daring ini," ungkap Rusman, Senin 7 Juni 2021.

Namun menurut Rusman, jika pembelajaran daring terpaksa diperpanjang, maka perlu adanya perbaikan pada mekanisme dan metode belajar yang diberikan guru kepada siswa.

"Jangan disuruh perpanjang, namun metode belajar daring masih seperti itu (tidak ada inovasi). Diubah sistemnya jadi lebih baik," tegasnya.

Diketahui, Gubernur Kaltim Isran Noor masih menahan melakukan PTM di kabupaten/kota di Kaltim. Namun, salah satu kabupaten/kota di Kaltim juga mengupayakan PTM dapat dilaksanakan secara bertahap.

Di sisi lain, Rusman menegaskan Pemprov Kaltim hanya memiliki wewenang untuk tingkat SMA/SMK. Sedangkan untuk TK, SD, dan SMP kewenangannya dimiliki oleh Pemkot maupun Pemkab.

"Kalau misalnya ada bupati atau wali kota yang berani melakukan PTM, hal itu juga dinilai dari wilayah kewenangannya. Yakni TK, SD, dan SMP," urai Rusman.

"Sementara kalau SMA/SMK, tidak mungkin dibuka oleh pemkab atau pemkot karena itu kewenangan gubernur. Tidak mungkin bupati atau wali kota berani membuka. Jadi, hal itu terlihat seolah-olah berbenturan," tambah Rusman. (Advetorial)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #rusman-yaqub #dprd-kaltim #pembelajaran-tatap-muka 

Berita Terkait

IKLAN