Kamis, 02 Mei 2024 04:33 WIB

Daerah

Hari Pertama PPDB Online di Balikpapan, Mulai dari Server Bermasalah dan Pendaftaran di luar Zonasi Sekolah

Redaktur: M. Yusuf
| 1.472 views

Operator di SDN 001 Balikpapan Kota yang membantu penginputan data siswa (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Penerimaan Peserta Didik Baru resmi dibuka sejak Kamis, 17 Juni 2021. Pendaftaan siswa baru ini dilakukan secara online. Namun, server yang digunakan sempat mengalami masalah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PPDB SDN 001 Balikpapan Kota Nining. Ia menyebut server sempat mengalami masalah selama 10 menit. Namun hal ini dapat diatasi setelah admin dari SDN 001 berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan serta pihak Telkom Indonesia.

Tidak hanya itu, kendala lainnya yang dihadapi adalah sejumlah orangtua siswa mendaftarkan anaknya tidak sesuai dengan zonasi sekolah.

"Begitu dia masukin data, otomatis sistem akan menolak data-data yang diinput oleh orangtua murid karena tidak sesuai zonasi," ujarnya.

Tidak hanya itu, Nining membeberkan bahwa pada pendaftaran hari ini terdapat guru yang mendaftarkan anaknya ke SDN 001 dengan menggunakan kuota anak guru.

"Padahal kalau mau gunakan kuota itu, orangtuanya harus mengajar di SD ini. Atau orangtuanya mendaftarkan anaknya di tempat ia bekerja," jelas Nining

Kebingungan orangtua ketika hendak menginput data pun ditemukan Nining dalam PPDB hari ini. Namun ia menyebut pihaknya telah memberikan fasilitas dan operator untuk membantu penginputan data.

Kendala server yang bermasalah tadi juga sempat dikeluhkan olah satu orangtua murid, Anti. Ia terpaksa kembali ke rumah dulu karena servernya masih gangguan.

"Kami sudah lama tunggu akhirnya disuruh pulang dulu. Nanti katanya akan dikabarin pihak sekolah," terangnya.

Sementara orangtua murid lainnya, menyebut kapasitas server PPDB ini terbilang cukup besar jika diakses melalui handphone. "Susah masuk lewat hp. Pas masukin peta zonasi lambat, jadi saya pulang aja mau input lewat laptop," ujar Bani.

Sebagai informasi, PPDB ini akan berlangsung hingga 27 Juni 2021 mendatang.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #ppdb-online #zonasi-sekolah-ppdb-online 

Berita Terkait

IKLAN