Kamis, 02 Mei 2024 01:13 WIB

Daerah

Kasus Covid-19 Meningkat, Embarkasi Haji di Balikpapan Dipakai Lagi untuk Isolasi Mandiri

Redaktur: M. Yusuf
| 1.443 views

Embarkasi Haji yang akan digunakan kembali sebagai tempat isolasi mandiri. (istimewa)

Balikpapan, Afiliasi.net - Kasus Covid-19 di Balikpapan terus meningkat. Setiap harinya, bertambah ratusan pasien baru terkonfirmasi positif. Dampaknya, rumah sakit khusus penanganan Covid-19 pun ikut penuh.

Merespon hal tersebut, Satgas Covid-19 Balikpapan dijadwalkan akan kembali membuka Embarkasi Haji sebagai tempat isolasi mandiri. Tepatnya, Selasa 29 Juni 2021 besok.

Wakil Ketua Satgas Covid-19, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa menjelaskan, Embarkasi Haji bisa digunakan karena pihaknya telah mengajukan surat ke Kementerian Agama.

"Sudah mendapatkan respon dan kita diizinkan menggunakan asrama haji," ujarnya.

Agung menyebut rata-rata pasien isolasi mandiri di Hotel Grand Tiga Mustika membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk melakukan karantina.

"Jadi tidak seperti rumah sakit, kalau di rumah sakit belum tentu tiap hari ada yang keluar, tapi kalau di hotel itu bisa tiap hari keluar," ujarnya.

Kenaikan kasus Covid-19 di Balikpapan juga menjadi atensi Agung. Ia meminta kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Terlebih bagi ibu rumah tangga dan anak di bawah 18 tahun yang belakangan ini mendominasi kasus terkonfirmasi positif corona.

Di sisi lain pula, Agung berharap setiap orang tua untuk lebih memberikan atensi terhadap putra-putrinya dengam mengajarkan mengenai penerapan protokol kesehatan dan tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting.

"Kalau dikasih tahu dari rumah pasti akan lebih efektif," tutupnya.

Penulis: Rizna 


TOPIK BERITA TERKAIT: #embarkasi-haji-balikpapan #covid19-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN