Kamis, 02 Mei 2024 08:01 WIB

Daerah

Diguyur Hujan Sejak Dini Hari, Samarinda Dikepung Banjir dan Longsor

Redaktur: Fera
| 1.534 views

Peristiwa longsor yang terjadi saat Kota Samarinda diguyur hujan sejak dini hari. (ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Hujan deras yang menyelimuti Kota Samarinda sejak dini hari, kembali menyebabkan genangan di beberapa wilayah, Jumat 2 Juli 2021.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda, Ifran mengatakan, hingga pukul 10.35 Wita pihaknya masih menerima laporan banjir yang terjadi di sejumlah titik. Meski begitu terpantau ketinggian air mulai berangsur surut.

“Update terakhir sudah mulai turun (ketinggian air), yang masih bertahan ketinggiannya itu ada di Jalan Pangeran Suryanata,” ucapnya.

Ifran menjelaskan, meski ketinggian banjir berangsur turun, hujan yang turun hari ini menimbulkan kecemasan lain yaitu tanah longsor, setidaknya ada 5 titik longsor yang dilaporkan terjadi di Samarinda.

“Yang lagi parah ini longsor, terutama yang di Perumahan Graha Indah. Di salah satu tebing gunung di daerah itu longsornya ke jalan lalu menyeberang ke rumah warga,” ungkapnya.

Saat mendapatkan laporan longsor, tim dari BPBD Samarinda langsung menuju lokasi longsor tersebut. Dari hasil pentauan awal, saat ini Tim BPBD belum bisa melakukan pembersihan karena kondisi tanah yang masih rawan.

“Tidak bisa dibersihkan manual karena curam, dan jika dibersihkan dari bawah takut tanah di atas turun lagi. Saya sedang koordinasikan dengan PUPR dan Disperkim untuk pengguna ini,” imbuhnya.

***

Sementara data terkini terkait banjir dan tanah longsor di Kota Samarinda yang dihimpun oleh BPBD Samarinda melalui pantauan CCTV adalah sebagai berikut;

Banjir

1. Simpang Lembuswana (ketinggian, 5-15 cm)
2. Jl. Dr Soetomo (ketinggian air 5-15 cm) 
3. Jl. Antasari (ketinggian air 15 cm)
4. Simpang Air Putih (ketinggian air 5 cm) 
5. Jl. P. Suryanata (ketinggian air 5-15 cm)
6. Simpang Sempaja (ketinggian air 5-10 cm) 

Longsor

1. Jl. RE. Martadinata GG sederhana, RT.21, Kelurahan Teluk Lerong Ilir, Samarinda Ulu
2. Jl. KS Tubun GG.onthel, Kecamatan Samarinda Ulu
3. Jl. Wiratama, Kecamatan Samarinda Ulu
4. Jl. M. Said, Gang Kita, Kecamatan Sei Kunjang
5. Perumahan Graha Indah, RT. 53, blok H, Jalan Pangeran Suryanata, Kecamatan Samarinda Ulu.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #banjir-samarinda #longsor #bpbd-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN