Rabu, 24 April 2024 10:05 WIB

Daerah

Bangun Polder di Jalan Jakarta, Andi Harun Ingin Usir Banjir dari Samarinda dengan Skema Anggaran Trisula

Redaktur: Fera
| 1.501 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Jeri for Afiliasi.Net)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota Samarinda tengah mempersiapkan strategi baru untuk mengatasi banjir yang selama ini menjadi momok bagi warga Kota Tepian. 

Lahan seluas 18 hektare milik Pemkot yang ada di kawasan Jalan Jakarta, rencananya bakal disulap sebagai polder untuk penanganan banjir jangka panjang.

Gagasan tersebut, disampaikan langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun setelah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS). Mengenai anggaran, Andi Harun pun bakal mengandalkan skema anggaran trisula.

"Pembiayaan dari program ini. Ada yang akan dibiayai oleh pemerintah kota, ada yang kita minta biayai oleh pemerintah provinsi, dan juga Balai Wilayah Sungai melalui APBN," ungkap Andi Harun ketika diwawancara awak media usai rapat evaluasi permasalahan banjir di Balaikota, Rabu 7 Juli 2021.

Orang nomor wahid di Samarinda itu membeberkan, rencana pemkot lainnya agar banjir tak lagi menjadi persoalan yang kerap terjadi ketika hujan mengguyur Samarinda. Dimulai dengan penanganan sedimentasi saluran air atau drainase di kawasan Jalan Jakarta. 

"Tadi dalam rapat kita sudah memetakan jalan keluar jangka pendek, menengah, dan panjang. Sejak besok PUPR saya tugaskan mulai melakukan solusi jangka pendek. Yakni mengatasi saluran sedimentasi drainase," bebernya.

Berdasarkan laporan yang diterima Pemkot Samarinda, terdapat 31 titik banjir dan 9 titik tanah longsor.

Andi Harun menambahkan, pihaknya akan memilih 1 atau 2 program yang terfokus pada penyelesaian masalah krusial dari puluhan titik banjir dan tanah longsor.

"Kita akan koordinasikan dengan provinsi dan BWS. Dari kita akan memilih 1 atau 2 program yang benar-benar fokus menyelesaikan masalah yang paling krusial dari puluhan titik banjir dan tanah longsor ini," pungkasnya. 

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #banjir-samarinda #andi-harun #polder-di-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN