Rabu, 08 Mei 2024 08:26 WIB

Daerah

Andi Harun di Mata KPK, Sukses Menertibkan Aset Daerah Hingga Diminta jadi Pembicara

Redaktur: Fera
| 1.492 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun diminta Komisi Pemberantan Korupsi (KPK) RI untuk menjadi pembicara dalam agenda webinar terkait "Penertiban dan Optimalisasi Aset Negara melalui Strategi Pencegahan dan Penindankan Korupsi" yang bakal dilaksanakan secara virtual, Kamis 22 Juli 2021 besok, pukul 14.00 WIB. 

Sepak terjang Andi Harun dalam upaya menertibkan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda ternyata dilirik oleh lembaga antirasuah itu. Orang nomor satu di Samarinda itu memang dikenal agresif melakukan tinjauan lapangan terkait pemanfaatan aset Pemkot Samarinda yang dikelola oleh pihak ketiga. 

Sejak dilantik pada akhir Februari 2021 lalu. Sejumlah titik aset krusial milik Pemkot Samarinda didatangi Andi Harun. Diantaranya, tanah eks lokalisasi bayur, Gedung Plaza 21 Samarinda, Dermaga Harapan Baru hingga aset gedung Sekretariat DPD Golkar Kaltim yang ada di Jalan Mulawarman, Samarinda. 

Melalui undangan resmi KPK Nomor: B/4072/HM.01.04/50-56/07/2021 tertanggal 19 Juli 2021. Andi Harun secara khusus diminta untuk membagikan cerita sukses dan tantangan yang ia hadapi dalam penertiban aset daerah dalam forum diskusi Akademi Jurnalis Lawan Korupsi (AJLK) yang selama ini fokus membahas Trisula Pemberantasan Korupsi. 

"Ini sekaligus terkait dengan visi misi mewujudkan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban," ungkap Andi Harun, menanggapi undangan dari KPK tersebut, Selasa 20 Juli 2021 malam. 

Menurut Andi Harun, langkah penertiban aset milik Pemkot Samarinda ini tak terlepas dari upaya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang harus digenjot untuk kepentingan masyarakat. 

"Jika tidak (ditertibkan) maka saya melakukan pembiaran. Tugas kami (Pemkot Samarinda) untuk mengamankan aset milik pemerintah," kata Andi Harun. 

Ia tak ingin, pemanfaatan aset milik Pemkot Samarinda oleh pihak ketiga, baik itu swasta hingga partai politik menjadi batu sandungan selama periode kepemimpinannya di Ibu Kota Kaltim ini.

Andi Harun ingin memastikan upaya inventarisir aset milik Pemkot Samarinda saat ini berjalan dengan lancar. Mulai dari kelengkapan administrasi hingga pemanfaatan yang benar-benar optimal untuk kepentingan Pemkot Samarinda dan masyarakat. 

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #di-mata-kpk #penertiban-aset-daerah 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler