Kamis, 18 April 2024 01:35 WIB

Daerah

Akun Facebooknya Diduplikat, Andi Harun Minta Masyarakat Melapor Jika Terima Pesan dari Pelaku

Redaktur: Fera
| 724 views

Andi Harun, Wali Kota Samarinda saat dikonfirmasi awak media. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Modus penipuan melalui akun media sosial pejabat pemeritah belakangan kerap terjadi. Teranyar, akun Facebook pribadi Wali Kota Samarinda Andi Harun diduplikasi oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Bahkan dari keterangan wali kota, akun Facebook tiruan tersebut dibuat mirip dengan akun asli miliknya dengan foto profil dan foto latar yang sama.

Atas kejadian tersebut, orang nomor satu Kota Samarinda itu mengimbau masyarakat agar tidak merespon hal apapun melalui pesan Facebook.

"Saya tidak menggunakan fasilitas inbox Fb, sehingga apabila menerima inbox dan/atau menerima chat via WA atau SMS dari pelaku, untuk diabaikan atau melaporkan nomor-nomor yang digunakan pelaku menghubungi sahabat guna untuk kepentingan proses hukum," tulis Andi Harun di laman Facebook pribadi miliknya, Jumat, 13 Agustus 2021.

Ketika dikonfirmasi ulang, Andi Harun mengungkapkan, bahwa jejak pelaku pemalsu akun Facebook miliknya berasal dari luar Samarinda.

"Kita sudah tracking pelaku pembuat akun itu posisi si pembuat akun ada di Palangkaraya di Kalteng," bebernya saat diwawancara usai kegiatan penyerahan bantuan Covid-19 di Kecamatan Samarinda Ulu.

Agar hal serupa tidak terjadi lagi, pemilik slogan Samarinda Kota peradaban itu telah meminta pihak kepolisian mendalami lebih jauh motif pelaku.

"Ya, saya sudah minta kepolisian mencari tau keberadaan pelaku. Ini sebagai langkah hukum untuk menghindari adanya masyarakat yang dirugikan," pungkasnya.

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #wali-kota-samarinda #andi-harun #akun-palsu-andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN