Rabu, 08 Mei 2024 02:13 WIB

Daerah

Ikut Panen Buah Naga, Pulangnya Malah Dibekali Proposal Perbaikan Jalan, Samsun: Pasti kita kawal

Redaktur: Fera
| 637 views

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun saat memetik buah naga. (Ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Keceriaan tampak di wajah para warga Kelurahan Bukit Merdeka di saat Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun hadir ditengah-tengah para petani buah naga yang sedang sibuk memetik buah di lahan seluas 30 hektare dalam kegiatan Panen Raya.

Dalam kegiatan Panen Raya ini, warga petani Kelurahan Bukit Merdeka melaksanakan panen buah naga dengan hasil petikan mencapai 60 ton buah naga

“Alhamdulillah, ternyata benar bapak Samsun datang,” kata Kumar salah satu warga yang juga adalah pemilik kebuh buah naga itu.

Panen raya itu tidak sepenuhnya menjadi kebahagiaan bagi petani. Pasalnya, meski panen menghasilkan jumlah yang banyak, namun para petani masih kesulitan dalam mobilisasi buah untuk dipasarkan.

“Kami sangat bersyukur dengan hasil panen ini, namun kami juga masih punya kekurangan dan menjadi sulit, karena hasil panen sebanyak ini kami sering kesusahan. Apa lagi kalau hujan. Ini jalan kampung kami yang rusak parah. Pernah mobil angkutan itu terperosok, sampai gak bisa lewat. Akhirnya buah itu banyak yang gagal jual. Kami bagi-bagi di kampung saja dari pada busuk,” ucap kumar, Minggu 22 Agustus 2021.

Panen Raya tersebut ternyata sudah digelar sejak awal 16 Agustus pekan lalu, hingga saat ini, para petani masih sibuk melakukan panen buah naga. Melihat kondisi petani di Bukit Merdeka, Samsun mengaku prihatin. Bahkan lokasi yang dilaluinya membuat ia pun harus berfikir agar mobilitas petani dapat berjalan lancea.

“Prihatin sekali, tanggal 16 kemarin saya ikut panen, nah itu menuju ke sana saja lumayan sulit. Bagaimana dengan kendaraan petani yang hanya menggunakan mobil picu-up kecil. Ya saya sangat bersyukur, saat diundang para petani. Setelah berkelok-kelok dengan jalan yang rusak parah, saya disuguhkan pemandangan yang cantik. Selepas mata memandang, itu semua buah naga. Kampung ini sangat memiliki potensi,” ungkap Samsun

Tak sendirian, Samsun mengatakan, ia ditemani oleh Kepala Lurah setempat. Setelah melihat kondisi tersebut pun, Samsun meminta agar Lurah segera mengawal aspirasi petani buah naga hingga masuk di Musrenbang.

“Kita akan upayakan, ini kalau bisa dikawal juga sama pak lurah. Kami siap anggarkan untuk perbaikan jalan. Selama ini yang saya tahu, para petani berjuang secara mandiri. Pemerintah harus hadir di tengah mereka,” tegas Samsun.

Saat menuju kembali pulang, Samsun langsung disodorkan proposal oleh para petani.

“Alhamdulillah, panen ini saya dapat oleh-oleh dari petani. Saya dibungkusi proposal usulan perbaikan jalan. Pasti kita kawal,” selorohnya sembari merangkul salah satu petani. (*)


Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #samsun #wakil-ketua-dprd-kaltim #panen-buah-naga 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler