Sabtu, 20 April 2024 04:55 WIB

Advetorial

Kawasan Polder Air Hitam Berpotensi jadi Tempat Wisata, Afif Rayhan: Bisa tambah PAD

Redaktur: Fera
| 847 views

Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda Andi Muhammad Afif Rayhan Harun. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Sebagian pedagang kaki lima di Samarinda kerap berjualan di kawasan Polder Air Hitam. Tempat tersebut pun berulang kali dibongkar oleh aparat. Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi II DPRD Samarinda Andi Muhammad Afif Rayhan Harun pun angkat bicara.

Ia membenarkan bahwa sebagian masyarakat mendapatkan penghasilan dari aktivitas berdagang layaknya para PKL tersebut. Namun, ia juga meminta PKL dan pemkot bersama DPRD untuk memahami peraturan yang ada dengan cara bersinergi agar tidak ada perbedaan pendapat atas peraturan yang berlaku.

"Jangan sampai demi kepentingan masing-masing pihak banyak dampak buruk terjadi. Misalnya kemacetan dan carut-marutnya tata kota kita," ujarnya saat dihubungi Sabtu, 2 Oktober 2021.

Menurutnya, kawasan Polder Air Hitam bisa digunakan sebagai tempat wisata. Tentu hal tersebut juga berdampak bagi para PKl yang bisa berdagang di sana dengan pengelolaan langsung dari dinas terkait.

"PKL-PKL di tepian contohnya bisa pindah kesana juga. Jadi terpusat semua fungsi berjalan dengan baik," tuturnya.

Ia juga menyebut jika rencana tersebut dapat direalisasikan, maka akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Baik dari sektor pajak pariwisata, maupun dari peluang kerjasama pihak ketiga.

"Kalau perputaran ekonomi di kawasan itu berjalan dengan baik dan dikelola dengan baik, sudah pasti punya manfaat bagi pendapatan daerah," imbuhnya.

Sebab itu, Afif mengimbau para pedagang untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menghindari adanya kerugian materil akibat terjaring penertiban.

"Masyarakat juga harus patuh. Kita harus sama-sama memutus kebiasaan buruk menempati lahan tanpa izin," pungkasnya. (ADV)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-samarinda #komisi-ii-dprd-samarinda #andi-muhammad-afif-rayhan-harun #kawasan-polder-air-hitam 

Berita Terkait

IKLAN