Jumat, 29 Maret 2024 06:34 WIB

Advetorial

Angkasa Djaya Sebut Kawasan Polder Air Hitam Miliki Potensi yang Sama dengan Jatim Park

Redaktur: Fera
| 713 views

Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani. (Jeri for Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Kawasan Polder Air Hitam di Samarinda disebut-sebut memiliki potensi sebagai destinasi wisata.

Hal itu disebutkan oleh Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani. Tak tanggung-tanggung, Angkasa Jaya menyebut kawasan Polder Air Hitam memiliki potensi wisata yang setara dengan wisata Sarangan di magetan dan Jatim Park di Malang.

Ia menyebut, pembangunan polder dengan nilai miliaran rupiah itu dapat mencakup tiga fungsi jika bisa dioptimalkan lebih baik. Pertama sebagai kolam retensi pengendali banjir, kedua sebagai ruang terbuka hijau (RTH), dan ketiga sebagai destinasi wisata yang saat ini masih belum terealisasi.

"Kalau terjadi ekonomi kerakyatan dan itu tumbuh, tentu akan mengurangi angka kemiskinan. Sekaligus bisa meningkatkan pendapatan asli daerah kita juga," ungkapnya, Senin 3 Oktober 2021.

Diketahui, polder yang di bangun tahun 2004 lalu itu diperkirakan bisa menampung air sebanyak 150 ribu meter kubik air, merupakan bagian dari sistem pengendalian banjir untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Karang Asam Kecil.

Angkasa menyebut, kawasan polder air hitam sudah bisa dibuka secara penuh sebagai tempat wisata. Dengan catatan tetap harus menjaga fungsi sebagai kolam retensi, RTH, hingga kemudian bisa bermuara pada ekonomi kerakyatan.

Ketua Komisi III DPRD Samarinda tersebut menilai, air dari kolam dapat dijadikan destinasi wisata bahari. Sementara RTH yang berada di sekitaran polder dapat dijadikan rekreasi keluarga. Pun jika pedagang kaki lima (PKL) yang beberapa waktu lalu ditertibkan aparat pemerintah kota, dijelaskannya bisa diatur dengan memberikan ruang bagi mereka untuk berdagang.

Diberitakan sebelumnya, Angkasa Jaya Djoerani sempat menyambangi polder air hitam untuk berdialog dengan PKL pada Jumat 1 Oktober 2021 lalu, usai ditertibkan aparat Pemkot Samarinda. Kunjungannya itu sebagai bentuk tindaklanjut dialog dengan PKL. Semua aspirasi dari PKL tersebut, rencananya akan disampaikan ke pemkot.

"Pemerintah harus hadir memfasilitasi mereka. Dengan cara pemerintah akan mencoba memanfaatkan polder tersebut secara multifungsi," lanjutnya.

"Kalau di Jawa sudah maju. Ada potensi sedikit mereka gali. Di Malang ada Jatim Park satu, dua, hingga tiga. Di Magetan ada Sarangan. Mereka gali potensi itu," pungkasnya. (ADV)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-samarinda #angkasa-djaya #kawasan-polder-air-hitam 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler