Sabtu, 20 April 2024 08:12 WIB

Daerah

Manfaatkan Limbah Karet, DLH Gunakan Untuk Media Tanam di Taman Bebaya

Redaktur: M. Yusuf
| 977 views

Taman Bebaya usai resmi dibuka untuk masyarakat. Sumber : Achmad/Afiliasi.net

Samarinda, Afiliasi.net - Penyempurnaan fasilitas Taman Bebaya sedang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda. Salah satunya penanam tanaman hias dan sejumlah tanaman non pangan.

Media tanam menggunakan limbah karet. Limbah karet tersebut merupakan hasil endapan sisa pengolahan. 

Nurrahmani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda, menyampaikan nyaris seluruh tanaman di Taman Bebaya, menggunakan sisa pengolahan karet alam sebagai media tanam. Total media tanam diperkirakan mencapai 34 ton.

"Kami sudah uji laboratorium dan diskusi ke dosen pertanian. Kami melihat limbah karet ini bisa dimanfaatkan sebagai media tanam untuk tanaman hias," ungkap Yama sapaan akrabnya, ditemui Jumat (19/11/2021). 

Tidak hanya di Taman Bebaya, DLH Samarinda berencana akan memanfaatkan endapan sisa pengolahan karet di beberapa taman lain di Samarinda.

Selain itu, akan dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kemungkinan bisa digunakannya limbah karet ini menjadi media tanam untuk tanaman pangan, seperti buah dan sayur.

"Jadi kami pakai di Taman Bebaya, bahkan ini kami perlukan sepanjang masa, agar bisa diterapkan di tempat lainnya, jadi bukan hanya di Taman Bebaya saja," terangnya. 

Sementara itu, Sudarmaji, GM PT Multi Kusuma Cemerlang (MKC) Samarinda mengatakan pemanfaatan sisa pengolahan karet ini sudah dilakukan di sekitar perusahaan.

Pihak perusahaan juga melakukan penelitian menyeluruh penggunaan limbah karet dipakai untuk media tanam pada tumbuhan. 

"Ini juga sebagai upaya kami untuk mendukung taman kota. Kami sudah uji bahwa ini (limbah karet) aman, karena berasal dari unsur organik. Tanaman yang kami tanam di sekitar pabrik juga tumbuh subur," paparnya. 

Sudarmaji menegaskan pihaknya akan terus menyuplai sisa pengolahan karet, agar bisa dimanfaatkan oleh DLH Samarinda. 

"Pemanfaatan limbah karet ini sejalan dengan program lingkungan perusahaan yang menerapkan reduce reuse recycle pada aspek produksi," pungkasnya. (tim redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #samarinda #pemkot-samarinda #dlh-samarinda #taman-bebaya 

Berita Terkait

IKLAN