Senin, 13 Mei 2024 11:07 WIB

Peristiwa

Api Berasal dari Tempat Laundry, Ruko Dua Pintu dan Kios Buah di Samarinda Hangus Terbakar

Redaktur: Rahmadani
| 797 views

Petugas Disdamkar Kota Samarinda saat berusaha memadamkan api di Jalan AW Syahranie pada Rabu, 16 Februari 2022. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Peristiwa kebakaran lagi-lagi terjadi di Kota Tepian, sebutan Kota Samarinda. Teranyar, warga Jalan AW Syahranie, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, dikejutkan dengan kobaran api yang melahap bangunan ruko dua pintu dan kios buah sekitar pukul 00.45 Wita pada Rabu, 16 Februari 2022. 

Kebakaran itu sontak membangunkan salah seorang warga pemilik showroom motor, Diyatih (49). Ia mengaku kaget lantaran mendengar teriakan suaminya yang menyebutkan rumah mereka menjadi salah satu amukan si jago merah. 

"Bapaknya langsung banguni saya, terus saya lihat asap sudah penuh dan api sudah besar," ucapnya kepada awak media. 

Melihat kobaran api semakin membesar, Diyatih langsung bergegas menyelamatkan barang beharga miliknya beserta motor-motor yang hendak dijual. 

"Alhamdulillah ini saya selamatkan tas, isinya semua dokumen penting, surat-surat motor sama motor-motor bisa diselamatkan," bebernya. 

Diyatih mengaku jika asal mula api diduga berasal dari tempat laundry yang berada tepat di sebelah kediamannya. Seingatnya, api berawal dari bagian belakang tempat laundry tersebut yang diketahuinya tak ada penghuninya. 

"Apinya dari laundry itu, di bagian belakang, itu kosong gak ada orangnya," jelasnya. 

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda, Hendra AH menyebutkan bahwa pasca mendapatkan laporan tersebut unit posko dua dan tiga langsung dikerahkan menuju lokasi kebakaran. 

"Posko terdekat langsung kami luncurkan, dengan dibantu relawan," terang Hendra saat dikonfirmasi siang tadi.  

Ia menguraikan jika api dapat dikuasai sekitar satu jam. Saat pemadaman berlangsung ia mengatakan tidak ada hambatan lantaran posisi yang tepat berada di tepi jalan raya. 

"Api bisa dikuasai setelah satu jam kemudian, dan tidak ada kendala karena titik api berada tepat di pinggir jalan raya, sehingga dengan mudah dikuasai," Kata Hendra. 

"Apinya ini jadi di dalam ruangan, yang berasal dari laundry, kemudian api berkobar. Saat itu petugas bersama relawan terus menyemprotkan air, sehingga api tidak sempat membakar habis bangunan," sambungnya. 

Atas kebakaran tersebut, sedikitnya menghanguskan bangunan berupa ruko dua pintu yang menjadi showroom motor bekas dan laundry, serta satu bangunan kios buah. Namun demikian kerugian materil belum dapat ditaksir. 

"Api ini berasal dari laundry di bagian belakang," pungkasnya. (*) 

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran-di-samarinda #jalan-aw-syahranie #kota-samarinda #kalimantan-timur 

Berita Terkait

IKLAN