Selasa, 17 September 2024 01:49 WIB

Daerah

Tiba di Benua Etam, Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi Dikirab ke IKN

Redaktur: Redaksi
| 75 views

Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tepat pada Sabtu (8/8/2024). (setda.kaltimprov.go.id)

Balikpapan, Afiliasi.net - Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi untuk pertama kalinya tiba di Provinsi Kalimantan Timur. Dua simbol perjuangan kemerdekaan Indonesia ini dibawa dari Jakarta menggunakan pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara dan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tepat pada Sabtu (8/8/2024), pukul 12.55 Wita.

Setibanya di Bandara SAMS, duplikat Bendera Pusaka dan naskah proklamasi disambut dengan penghormatan militer oleh Paspampres dan Purna Paskibraka Kalimantan Timur. Hadir dalam penyambutan tersebut Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, serta jajaran Forkopimda dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Duplikat sang saka merah putih dan teks proklamasi selanjutnya akan dibawa ke Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dari Bandara SAMS menuju Gerbang Tol Manggar hingga ke IKN di Sepaku Penajam Paser Utara, masyarakat termasuk anak-anak sekolah dengan antusias menampilkan kearifan lokal dalam rangka menyambut kedatangan dua benda sarat sejarah ini.

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, mengatakan acara penyambutan ini menjadi pembuka rangkaian perayaan HUT RI ke-79 di IKN.

"Prosesi dan kirab duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi sudah dipersiapkan dengan baik. Saya bersama Kapolda dan Pangdam akan mengiringi rangkaian kirab selama sekitar 1,5 jam hingga sampai ke IKN," ungkap Akmal.

Menurutnya, kedatangan simbol-simbol kemerdekaan ini menandakan semangat baru bagi masyarakat Kalimantan Timur untuk turut serta dalam merayakan HUT RI ke-79 di IKN.

"Tentunya kedatangan duplikat bendera pusaka bersama teks proklamasi ini menjadi sejarah bagi Kalimantan Timur. Ini menunjukkan bagaimana perhatian negara terhadap Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara kali ini kita mulai. Insyaallah," pungkas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini.

Sebagai informasi, sebelumnya duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi diarak di Jakarta dengan rute dari Monumen Nasional (Monas) melewati rute ikonik Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, hingga Semanggi, dan akhirnya tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma untuk diterbangkan ke Benua Etam Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Nusantara. (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #upacara-hut-ri-ke-79-di-ikn #ikn #ibu-kota-nusantara #kirab-bendera-merah-putih-ke-ikn #balikpapan #kalimantan-timur 

Berita Terkait

IKLAN