Kamis, 02 Mei 2024 06:02 WIB

Advetorial

Kontribusi Kadis Pariwisata Kaltim Demi Kelestarian Lingkungan, Adopsi Pohon di Taman Hutan Bukit Bangkirai, Samboja

Redaktur: Bella
| 831 views

Tim Dinas Pariwisata Kaltim saat mengunjungi TamanTaman hutan Bukit Bangkirai di Samboja, Kutai Kartanegara (sumber: istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Taman hutan Bukit Bangkirai yang terletak di Samboja, Kutai Kartanegara memiliki keindahan tersendiri. Selain pemandangan menakjubkan, kawasan tersebut menyimpan potensi pelestarian alam luar biasa. Beragaman jenis pohon beserta tanaman bisa diadopsi di sana.

Selasa 1 Maret 2022, Salah satu yang mengadopsi pohon di kawasan tersebut adalah Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni. Ia ternyata pernah mengadopsi pohon sejak 2018.

"Sebagai informasi di Bukit Bangkirai, kita bisa mengadopsi pohon juga loh #sahabatpariwisatakaltim," ungkap Sri, sapaanya, saat mengunjungi Bukit Bengkirai bersama Tim Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata.

Untuk mengangkat anak pohon, Sri mengatakan ada beberapa prosedur dan syarat yang harus dilengkapi calon pegadopsi. Diantaranya biaya awal sekitar Rp. 2 juta, serta biaya perpanjangan dan perawatan pohon yang dikenakan biaya Rp. 1,5 juta per-tahun.  

Ia menjelaskan ketentuan biaya adopsi menyesuaikan jenis pohon yang dipilih peserta. Menurutnya, hal tersebut tidak merugikan, justru malah menambah pahala. Adopsi pohon menunjukkan perhatian masyarakat untuk ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Apalagi seperti yang kita tahu penebangan liar menjadi salah satu alasan beberapa pohon kita menjadi langka," bebernya.

Di kawasan tersebut, Tim Dinas Pariwisata melakukan sejumlah aktivitas. Diantaranya dengan berjelajah Bukit Bengkirai dan melakukan tracking sekitar 400 meter menuju jembatan berkanopi. Di jembatan tersebut, pengunjung bisa melihat berbagai jenis pohon yang indah beserta informasi detail tanaman.

"Buat #sahabatpriwisatakaltim, yuk kita menjadi bagian dalam pelestarian hutan kita," ajak Sri Wahyuni. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #dinas-pariwisata-kaltim #pariwisata #bukit-bengkirai #samboja #kukar 

Berita Terkait

IKLAN