Rabu, 24 April 2024 04:42 WIB

Daerah

Aksi Tak Biasa Wali Kota Andi Harun saat Hadiri Apel Siaga Fire Drill: Tugas Damkar dan Relawan Berat

Redaktur: Rahmadani
| 795 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menuruni kendaraan Damkar dengan seutas tali dalam Apel Siaga Fire Drill, Kamis, 24 Maret 2022 di eks Bandara Temindung. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, melakukan hal tak biasa saat menghadiri apel siaga Fire Drill yang dilaksanakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda di eks Bandara Temindung, pada Kamis, 24 Maret 2022.

Didampingi petugas profesional Damkar, Andi Harun mencoba menaiki unit kendaraan kebakaran jenis Turntable Tender dan Snorkel. Mobil pembawa otomatis dan biasa digunakan untuk memeriksa api dengan tingkat ketinggian tertentu, yang juga menjadi mobil untuk suatu keadaan darurat pada bangunan yang tinggi.

Aksi ini disebut Andi Harun merupakan bentuk kepedulian dirinya kepada tim Damkar dan relawan yang selalu siaga membantu masyarakat. Ia mengaku merasakan semangat kebatinan para relawan dan petugas Damkar.

"Itu sebabnya kita harus menghargai dan memberikan dukungan kepada mereka. Tidak hanya pemerintah, TNI-Polri, tapi kita berharap dapat dukungan dari dunia swasta dan dari masyarakat juga," katanya.

Dalam aksinya, Andi Harun tanpa ragu turun menggunakan seutas tali dari atas kendaraan. Sesampainya di bawah, ia menyatakan bahwa tugas relawan dan Damkar memang berat.

"Mereka mau bekerja 24 jam tanpa gaji sukarelawan kerja, penanganan bencana, sukarela dan ini sudah cukup membuktikan bahwa kita perlu meningkatkan kepedulian kepada Samarinda," tuturnya.

Andi Harun menegaskan, tak ada alasan yang perlu dicari untuk mendukung petugas Damkar dan para relawan. Bahkan ia mengajak seluruh pihak bersama-sama membantu relawan agar upaya penanggulangan bencana kebakaran dan lainnya bisa terus berlanjut dan semakin berkualitas.

"Kita lihat tadi sebagian peralantan mereka sangat sederhana, kalau ada pihak swasta, pengusaha dan masyarakat yang ingin berbaik hati dengan memberikan bantuan peralatan yang sangat dibutuhkan di kota ini tentu sangat positif," tulisnya.

Andi Harun secara terbuka mengajak dan mengundang semua pihak untuk ikut peduli dengan membantu kerja-kerja relawan.

"Mari terus tinggikan kepeduliaan kita, karena tidak mungkin semua bisa diselesaikan oleh Pemkot Samarinda dengan dana anggaran yang terbatas," ujarnya.

"Kita berharap teman-teman pengusaha para dermawan dapat sedikit menyisakan sebagian keuntungannya untuk membantu tim relawan kita agar mereka bisa membantu membantu masyarakat melalui penanggulangan bencana dan bencana lainnya," pungkasnya. (*)

Penulis : Ahmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #wali-kota-samarinda #andi-harun #dinas-pemadam-kebakaran-dan-penyelamatan-kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN