Jumat, 26 April 2024 11:05 WIB

Daerah

Wali Kota Andi Harun Resmi Buka Samarinda Festival 2022, Harapkan Mampu Berkelanjutan

Redaktur: Rahmadani
| 1.031 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Samarinda Festival 2022, Jumat, 25 Maret 2022 malam di halaman parkir Stadion GOR Segiri Samarinda. (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, resmi membuka acara Samarinda Festival 2022 pada Jumat, 25 Maret 2022 malam. 

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman parkir Stadion GOR Segiri Samarinda ini merupakan event perdana dan digadang-gadang merupakan yang terbesar. 

Giat festival juga merupakan upaya pengembangan dan peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf), dengan sasaran pelaku UMKM untuk menampilkan karyanya demi meningkatkan “sense of belonging” atau rasa memiliki terhadap Kota Samarinda. 

Pelaksanaan Samarinda Festival yang pertama dihelat ini akan menampilkan khazanah baik produk UMKM, industri kreatif, dan kuliner yang unik dan khas asal Kota Samarinda. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Andi Harun menyampaikan, tema yang diusung dalam Samarinda Festival tahun ini, yakni “Samarinda Berani berubah”. 

"Mengutip kata-kata filsuf bernama Socrates, rahasia perubahan adalah memusatkan semua energi Anda, bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru," kata Andi Harun di hadapan seluruh tamu undangan dan warga yang hadir. 

Andi Harun menyebut, kata-kata tersebut memiliki makna mendalam sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Samarinda. Untuk berubah, sebut dia, dibutuhkan keberanian yang besar. Berani bekerja keras, berani bertanggung jawab, dan berani berbuat yang lebih baik. 

"Berubah adalah kunci meraih kesuksesan," ucapnya. 

Menurut Andi Harun, Samarinda memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun alamnya. 

"Sebagai warga Kota Samarinda, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan kemajemukan penduduknya, Kota Samarinda menyimpan budaya multi etnis, yang apabila dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya," tuturnya. 

Orang nomor satu Kota Samarinda ini berharap, kegiatan Samarinda Festival dalam berlangsung secara berkelanjutan setiap tahunnya. 

"Oleh karena itu, saya berharap bahwa tujuan Samarinda Festival, dapat menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua, bukan hanya oleh Pemerintah maupun panitia penyelenggara, melainkan oleh para seniman, budayawan, pemerhati, pelaku wisata dan masyarakat Kota Samarinda," harapnya 

"Sehingga Samarinda Festival bisa menjelma menjadi representasi masyarakat Samarinda, serta menjadi event kebanggaan yang dapat dilaksanakan secara kontinyu di setiap tahunnya," pungkasnya. (*) 

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #samarinda-festival-2022 #pemkot-samarinda #wali-kota-samarinda #andi-harun #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN