Sabtu, 27 April 2024 02:18 WIB

Hukum dan Kriminal

Razia Balap Liar, Satlantas Polresta Samarinda Amankan Puluhan Motor

Redaktur: Rahmadani
| 1.058 views

Puluhan motor pelaku balapan liar yang diamankan Polresta Samarinda. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Dalam kurun waktu lima hari sepanjang bulan Ramadan 2022 berlangsung, puluhan kendaraan roda dua berhasil diamankan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Samarinda lantaran digunakan untuk ajang balap liar. 

Kendaraan tersebut diamankan dari para pelaku balapan liar yang rata-rata masih berstatus pelajar dan dibawah umur. 

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli, menguraikan, bahwa ada sekitar 47 sepeda motor yang diamankan oleh polisi. 

Kendaraan itu diamankan polisi dari berbagai lokasi yang kerap digunakan untuk balap liar, seperti kawasan Masjid Islamic Centre, Jalan Kusuma Bangsa, serta Perempatan Lembuswana. 

"Ini hasil penindakan selama lima hari saja, selama awal bulan puasa ini, ada 47 kendaraan roda dua yang kami amankan," ucap Kombes Pol Ary saat menggelar pers rilis di Pos Lantas Polresta Samarinda, Jum'at (8/4/2022). 

Kombes Ary juga mengatakan bahwa sejauh ini belum ada peristiwa kecelakaan yang diakibatkan oleh ajang balap liar itu. 

"Selama lima hari ini belum ada angka kecelakaan dari aksi balapan liar," ungkapnya. 

Usai diamankannya kendaraan tersebut, Kombes Ary menyebutkan jika pihaknya akan melakukan koordinasi ke Pengadilan Negeri Samarinda serta akan memberikan tindakan tegas kepada para pelaku balap liar termasuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan. 

"Proses-nya mulai dari sekarang tapi nanti untuk persidangannya kami ikuti jadwal dari pengadilan. Tapi yang pasti kami akan tindak tegas, akan diproses sesuai hukum yang berlaku," sebutnya. 

Pihak kepolisian juga akan memperkuat patroli di sekitar kawasan yang kerap digunakan untuk aksi balap liar. 

Selain itu, kepolisian juga telah membentuk tim khusus di bawah komando Kasatlantas Polresta Samarinda, termasuk akan dilakukan penyelidikan terhadap oknum-oknum yang berada dibelakang aksi balapan liar tersebut. 

"Sebagai langkah preventif, Tentu kami akan terus melakukan imbauan, melakukan patroli pada jam yang dimungkinkan akan terjadi balapan liar, kemudian juga telah dibentuk tim khusus oleh Kasatlantas, sekaligus mencari aktor dibelakang yang mendukung aksi balapan liar ini," jelasnya. 

Kombes Ary juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Samarinda agar tetap menjaga kondusifitas keamanan, terutama selama menjalani ibadah puasa. 

"Mari kita sama menjaga ketertiban, mari kita sama-sama menghargai warga yang sedang beribadah untuk mewujudkan Kota Samarinda yang nyaman, tenang dan sehat," pungkasnya. (*) 

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #balapan-liar #ramadan-1443-hijriah #polresta-samarinda #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN