Minggu, 19 Mei 2024 06:01 WIB

Daerah

Kunjungan Tatap Muka Kembali Berlaku, Kalapas Samarinda: Hanya Keluarga Inti

Redaktur: Rahmadani
| 907 views

Istimewa.

Samarinda, Afiliasi.net - Setelah selama kurang lebih dua tahun 3 bulan tak ada kunjungan tatap muka, kini Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Samarinda mendapati angin segar lantaran telah diperbolehkannya kunjungan dari pihak keluarga. 

Meski telah diperbolehkan kembali untuk diadakannya kunjungan tatap muka, namun ada beberapa prosedur atau persyaratan baru yang harus dipatuhi para pengunjung. 

"Di antaranya, hanya dipeebolehkan teruntuk keluarga inti saja. Untuk teman dan pacar itu tidak boleh. Kan sebelumnya dulu diperbolehkan, namun sekarang belum bisa," ucap Kalapas Kelas IIA Samarinda, Moh Ilham Agung Setyawan saat diwawancarai di kantornya. 

Selain itu, kunjungan hanya buka pada hari Senin-Kamis serta pada hari Sabtu saja. Kemudian teruntuk para pengunjung Lapas diwajibkan telah mendapatkan vaksin booster. 

"Hari Senin hingga Kamis itu kita jadwalkan perharinya dua blok saja yang bisa mendapatkan kunjungan, sedangkan pada Sabtu itu 3 blok hunian. Pengunjung wajib vaksin booster, jika tidak wajib membawa antigen. Selain itu WBP juga sebelum mendapati kunjungan wajib berkoordinasi dengan pihak keluarga yang ingin berkunjung," ungkapnya. 

"Para pengunjung juga bisa memeriksa jadwal kunjungan melalui forum media sosial Lapas Samarinda sehingga pada saat berkunjung tepat pada waktunya," sambungnya. 

Perlu diketahui, bahwa jadwal kunjungan terbagi menjadi dua waktu, yakni pagi pukul 09.00 - 11.00 Wita dan siang pukul 13.00 - 14.20 WITA. 

Sejak dibukanya kunjungan tatap muka pada Senin (4/7/2022) kemarin hingga kini, Ilham menyebutkan telah ada sebanyak 15 orang yang berkunjung ke Lapas Samarinda. 

Kalapas Kelas II A Samarinda itu berharap kepada keluarga warga binaan agar mempersiapkan syarat-syarat yang telah ditetapkan. Apabila bukan dari keluarga inti, maka hanya dapat menitipkan makanan saja.

"Selain dari keluarga inti itu tidak bisa berkunjung. Jadi untuk teman atau pacar dan lainnya hanya dapat menitipkan makanan saja," jelasnya. 

Sementara itu, sebagai bentuk memperkuat tingkat keamanan Lapas semenjak dibukanya kunjungan tatap muka, Ilham juga menguraikan bahwa pihaknya telah menambah personil penjagaan.

"Kami juga ada menambahkan personil tambahan, seperti dibagian pemeriksaan, penjaga pintu utama (P2U), dan bagian pelayananan terpadu," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lapas-kelas-iia-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN