Jumat, 26 April 2024 05:32 WIB

Daerah

Dorong Ketahanan Pangan, Andi Harun Minta Dinas Pertanian Sinergi dengan Perushaaan Tambang Buat Hibahkan Tanah

Redaktur: M. Yusuf
| 766 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menanam padi bersama petani di kawasan Girirejo, RT 25, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara pada Rabu, 13 Juli 2022. (Yusuf/Afiliasi.net).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menghadiri undangan petani dalam kegiatan penanaman padi di lahan pertanian kawasan Girirejo, RT 25, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara pada Rabu, 13 Juli 2022. 

Andi Harun menerangkan, kegiatan ini sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kota Samarinda dalam menguatkan ketahanan pangan di Kota Tepian, selaras dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo. 

Tak hanya ikut melakukan penanaman padi saja, Andi Harun bahkan terpantau turut mendengarkan berbagai aspirasi masyarakat. Mulai dari perlindungan atau proteksi terhadap lahan pertanian, hingga beberapa pengalaman gagal panen ditahun-tahun sebelumnya lantaran terjadinya banjir. 

Menanggapi keluhan tersebut, Pemkot Samarinda dikatakan Andi Harun telah melakukan pengerukan di bagian sisi Sungai Karang Mumus (SKM). Sehingga, sebut dia, dipastikan selama setahun berjalan banjir pun bakal teratasi. 

Selain itu, Andi Harun juga mengatakan bahwa area irigasi yang dulunya berfungsi dan sekarang mengalami kerusakan hingga mengakibatkan tidak berfungsi sebagai penampung air juga menjadi catatannya. 

"Saya juga sudah perintahkan Kepala Dinas Pertanian agar segera diusulkan perencanaan perbaikannya. Berikutnya adalah jalan usaha tani, ke depan akan kita bantu pada APBD 2023 untuk peningkatan jalan," ucapnya kepada awak media. 

Dalam kegiatan penanaman padi itu, Andi Harun mengungkapkan bahwa segala hal yang telah dikerjakan oleh kelompok tani Bina Usaha ialah upaya yang harus mendapat dukungan dari seluruh pihak.  

"Ini merupakan bentuk secara langsung pelaksanaan dari apa yang telah diarahkan oleh Presiden Joko Widodo guna terus memperkokoh ketahanan pangan," jelasnya. 

"Apalagi dengan situasi global baik karena pandemi maupun isu dunia dengan ancaman krisis pangan, kita harus bersyukur memiliki lahan yang berlimpah termasuk di Samarinda dan apa yang telah dilakukan temen-teman adalah wujud langsung kepatuhan serta pelaksanaan apa yang telah diimbau dan diarahkan oleh Bapak Presiden," sambung Andi Harun. 

Selain itu, dirinya juga berterimakasih kepada warga yang telah berkontribusi dalam memperkokoh ketahanan pangan. 

"Saya berharap kepada siapapun mari bersama-sama menjaga karena ini tidak hanya untuk kepentingan warga Girirejo dan petani, tapi ini juga untuk kepentingan kita bersama seluruh warga Samarinda," ungkapnya. 

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini juga menegaskan, jika saja lahan pertanian Girirejo Lempake sukses, maka dapat berimbas pada ketersediaan cadangan pangan yang bertambah. Hal itu mengingat bahwa sejauh ini Kota Tepian dalam sektor pangan sangat bergantung pada daerah luar pulau seperti Sulawesi dan Jawa Timur. 

"Dengan hadirnya produksi padi dari petani kita di Samarinda, tentu kita memiliki tambahan stok bahan pangan yang ada di kota ini. Saya terus dorong Dinas Pertanian untuk bersinergi dengan perusahaan-perusahaan eks tambang agar bisa memberikan kontribusinya untuk untuk menghibahkan tanahnya sehingga tanah pertanian di Samarinda dapat diperluas," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ketahanan-pangan #andi-harun #samarinda #tanam-padi-bersama 

Berita Terkait

IKLAN