Sabtu, 20 April 2024 06:29 WIB

Daerah

Kolaborasi Sambut IKN Nusantara, Begini Pesan Wali Kota Andi Harun ke Pengurus Fordamai IKN Samarinda

Redaktur: Rahmadani
| 1.009 views

Foto bersama Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama pengurus Fordamai IKN Kota Samarinda. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun berharap pengurus Forum Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Ibukota Negara (Fordamai IKN) Wilayah Samarinda yang baru saja dilantik di Ballroom Hotel Midtown Samarinda pada Sabtu, 16 Juli 2022 pagi, kolaboratif bersama pemerintah untuk persiapan menyambut IKN di Kaltim.

Menurut orang nomor satu di Samarinda ini, Fordamai IKN Kota Samarinda yang diketuai oleh Syaparudin mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat lokal ditengah proses pemindahan pusat pemerintahan yang tengah berjalan saat ini.

Kepada awak media, Andi Harun menuturkan, dirinya mengucapkan selamat kepada pengurus Fordamai IKN Samarinda yang telah terbentuk. Ia berharap organisasi yang menjadi mitra pemerintah ini dapat mengemban amanah dan tanggung jawab selama kepengurusan.

"IKN ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi Indonesia, lebih-lebih bagi masyarakat Kaltim," ujar Andi Harun kepada awak media.

Menurut Andi Harun, gagasan Indonesia-sentris dari pemindahan IKN menjadi harapan buat seluruh warga Indonesia. Termasuk, Kota Samarinda sebagai salah satu kota penyangganya.

Orang nomor satu di Samarinda ini juga meyakini, Fordamai IKN Samarinda dapat menjadi organisasi yang menekan angka pengangguran. Menurut dia, selain menangani masalah sosial, juga menjadi katasilator bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kita berharap ada manfaat utama yang bisa didapatkan masyarakat lokal, yang apabila IKN hadir masyarakat termarjinalkan, tapi dengan konsep pembangunan kolaboratif antara kepentingan pemerintah dan partisipasi masyarakat, itu menyatu secara bersama," imbuhnya.

Menambahkan, Ketua Fordamai IKN Wilayah Samarinda, Syaparudin, menyatakan akan berupaya menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk membederayakan masyarakat. Misalnya, dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersertifikasi.

"Sebenarnya organisasi ini (Fordamai) berangkat dari kajian Badan Intelejin Strategis (Bais, Red), untuk memberdayakan masyarakat saat pemindahan IKN," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi Afiliasi.net


TOPIK BERITA TERKAIT: #fordamai-ikn-samarinda #andi-harun #pemkot-samarinda #ikn-nusantara 

Berita Terkait

IKLAN