Sabtu, 01 Oktober 2022 09:56 WIB

Daerah

Laporan APBD Tahun Anggaran 2021 Disetujui Seluruh Fraksi, Andi Harun Sebut Program Pemerintah Terus Berjalan

Redaktur: M. Yusuf

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menghadiri rapat paripurna DPRD Samarinda, Rabu, 20 Juli 2022 malam. (Yusuf/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengapreasi seluruh fraksi DPRD Kota Samarinda yang menyatakan setuju atas laporan pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2021 Pemkot Samarinda dalam rapat paripurna DPRD, Rabu, 20 Juli 2022 malam. 

Hal tersebut menurut Andi Harun, diharapkan menjadi tanda keberhasilan  Pemkot Samarinda bersama DPRD selaku mitra kerja yang selanjutnya perlu terus ditingkatkan. 

"Terima kasih kepada pimpinan, anggota dan fraksi-fraksi yang menyatakan persetujuannya atas Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2021 ini," ucap Andi Harun usai paripurna. 

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu memaparkan, sebagian besar catatan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi sudah mulai berjalan. 

Program pemberdayaan masyarakat 'Probebaya' misalnya. Jika pada 2021 lalu hanya terlaksana di 29 RT, pada 2022 ini telah berjalan di sekitar 2000 RT yang ada. 

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga terjadi peningkatan. Jalan yang memerlukan penambalan juga ditambal. Yang memerlukan rehab total, juga sudah di rehab," jelas Andi Harun. 

Kendati demikian, tidak semua bisa dikerjakan sekaligus. Musabab terbatasnya anggaran pemerintah. Makanya, ditegaskan Andi Harun, pemkot akan terus berupaya, menyicil pekerjaan rumah dengan tetap mengedepankan kualitas meski anggaran terbatas. 

"Kita (Pemkot Samarinda, Red) usahakan setiap tahun terjadi peningkatan jumlah maupun kualitas, dari upaya peningkatan jalan-jalan utama maupun jalan lingkungan," tegasnya. 

Pun demikian dengan upaya penanggulangan banjir. Beberapa titik rawan, disebut Andi Harun sudah mulai berkurang. 

"Katakanlah di Bengkuring. Alhamdulillah, di tahun 2021, tidak ada lagi banjir yang membuat warga mengungsi. Karena kita berhasil melakukan pelebaran sungai. Tahun 2022 ini juga akan membangun turap sepanjang 1.600 di Bengkuring," pungkasnya. (*)

Editor: Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #apbd #pemkot-samarinda #dprd-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN