Sabtu, 20 April 2024 04:38 WIB

Daerah

Peringatan HAN 2022, Wali Kota Andi Harun Ingin Perangi Kekerasan dan Diskriminasi Anak

Redaktur: Rahmadani
| 950 views

Salah satu anak menampilkan kreatifitas bermain biola di hadapan Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat gebyar PAUD dan peringatan HAN di alun-alun Citra Niaga, Senin, 1 Agustus 2022. (Jeri Rahmadani/Afiliasi.net).

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Senin, 1 Agustus 2022. 

Lewat acara yang digelar di alun-alun kawasan Citra Niaga tersebut, Kota Samarinda digadang-gadang menjadi kota yang ramah anak dengan menjamin 4 hak dasar anak. Adalah hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan partisipasi. 

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengucapkan selamat atas diperingatinya HAN yang biasanya diperingati setiap 23 Juli tersebut. 

Ia mengajak semua pihak agar terus menjaga terjaminnya empat pilar hak-hak anak dalam rangka pembangunan anak nasional. Demikian juga, sebut dia, harapan dari Suara Anak Kota Samarinda agar semua fasilitas publik dan pemerintah menjadi fasilitas yang ramah anak. 

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, memastikan hak-hak anak telah terjamin. Kita berharap Samarinda dapat menjadi kota yang terus menerus memerangi kekerasan dan diskriminasi terhadap anak," ujar Andi Harun kepada awak media usai gelaran acara. 

Diketahui, pada 2021 lalu Kota Samarinda merupakan daerah tertinggi angka kasus kekerasan perempuan dan anak dari kabupaten/kota lainnya di KalimantanTimur (Kaltim). Tercatat ada 173 kasus. 

Disinggung hal tersebut, Andi Harun menyatakan bakal terus meningkatkan sosialisasi, serta pendidikan bagi keluarga dan lingkungan. 

"Kita ingin menjadikan kota ini kota layak anak. Kita juga mengharapkan apapun kondisi rumah tangga, dari orangtua, tidak berpengaruh terhadap realisasi hak-hak anak," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hari-anak-nasional #pemkot-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN