Sabtu, 20 April 2024 08:30 WIB

Daerah

Hadiri Pengukuhan Pengurus DAD Kota Samarinda, Andi Harun Kini Punya Nama Kehormatan Dayak

Redaktur: Rahmadani
| 882 views

Prosesi pemberian nama kehormatan adat Dayak kepada Wali Kota Samarinda Andi Harun oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Samarinda, Sabtu, 6 Agustus 2022. (Jeri Rahmadani/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, diberi nama kehormatan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Samarinda dengan sebutan 'Amai Beluluq Liangau'. 

Pemberian tersebut diberikan saat Andi Harun menghadiri langsung pengukuhan pengurus DAD Samarinda dengan masa bakti 2022-2027 di Ballroom Hotel Midtown pada Sabtu, 6 Agustus 2022. 

Secara garis besar, nama tersebut adalah gambaran suatu tokoh atau sesuatu hal yang masih segar dan muda yang berada di atas. Maksudnya, sebagai pemimpin, Andi Harun diharapkan mampu memberikan pengayoman yang sejuk kepada siapapun yang ada di bawahnya. 

Ketua DAD Kota Samarinda periode 2022-2027 yang baru dikukuhkan, Hendrik Tandoh menjelaskan, arti 'Beluluq' dalam bahasa Dayak Kenyah adalah pucuk tertinggi dari sebuah pohon. Sedangkan 'Lingau' sendiri berarti sejuk. 

"Kalau 'Amai' sendiri bermakna bapak. Jadi, seperti sebutan bapak wali kota begitu. Harapan kami, beliau mendapatkan nama itu dapat menjadi pemimpin yang sejuk, pemimpin yang mengayomi dan bijaksana kepada masyarakat adat," ucap Hendrik Tandoh kepada media ini. 

Wakil Sekretaris Forum Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (Fordamai) Samarinda itu menambahkan, dengan penyematan nama tersebut diamanatkan mampu memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. 

Sementara itu, merespon pemberian nama warga kehormatan Dayak oleh DAD Samarinda, Andi Harun mengucapkan terima kasih. Ia mengatakan nama tersebut merupakan amanah besar. 

"Ini hikmahnya tinggi, saya terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Mudah-mudahan saya bisa jaga dengan baik," ucapnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #beluluq-lingau #dewan-adat-dayak-samarinda #hendrik-tandoh #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN