Kamis, 25 April 2024 04:09 WIB

Daerah

Tunaikan Janji Kampanye, Wali Kota Samarinda Andi Harun Sediakan Fasilitas WiFi Gratis di Desa Berambai

Redaktur: Rahmadani
| 890 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat melaunching 3 program unggulan Pemerintah Kota Samarinda di sekitar Masjid An-Nur, Jalan Inpres Berambai, Kecamatan Samarinda Utara, Selasa, 16 Agustus 2022. (Jeri Rahmadani/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Sulitnya akses jaringan internet di Desa Berambai agaknya bakal teratasi. Wilayah utara Kota Samarinda itu kini mulai tersentuh program pemerintah.

Pada Selasa, 16 Agustus 2022, Pemerintah Kota Samarinda meresmikan peluncuran 3 program unggulan. Salah satunya adalah penyediaan Wireless Fidelity (WiFi) di area publik bernamakan Berambai Free WiFi.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun menyatakan, peluncuran program tersebut merupakan salah satu janji kampanyenya pada Pilkada serentak 2019 lalu. Program ini diluncurkan bekerja sama dengan PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) Kalimantan Timur (Kaltim) menggunakan program dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Walupun belum bisa menggunakan telepon dalam bentuk telepon GSM, tetapi masyarakat sudah bisa telepon melalui whatsapp, sekaligus anak-anak sekolah bisa menggunakan wifi gratis yang disediakan,” ungkap Andi Harun usai peluncuran program.

Diketahui, hingga saat ini akses jaringan internet di Desa Berambai sulit didapatkan karena belum adanya tower base transceiver station (BTS). Andi Harun menyebut, itu karena pertimbangan bisnis oleh pihak terkait belum memutuskan pemasangan menara BTS di sana.

“Karena pertimbangannya bisnis pasar, sehingga mereka tidak bisa atau belum bisa membangun. Akhirnya kami mendapat bantuan dari PT ICON Plus,” papar Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu.

Meski demikian, lanjut dia, pemasangan WiFi untuk pengguna pribadi kini juga telah tersedia melalui kerja sama pemkot dengan PT ICON Plus ini. Dibeberkannya, sudah ada 30 orang yang mendaftar layanan tersebut untuk berlangganan.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat. Ini bagian dari janji saya saat kampanye, dan memang disini kasihan. Padahal jaraknya dengan kota sangat dekat, tapi mereka seperti belum merdeka, belum menikmati sarana internet,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Andi Harun juga resmi meluncurkan 2 program unggulan lainnya. Adalah peluncuran 1000 kartu Social Security Number (SSN) bagi warga miskin untuk mendapatkan bantuan sembako, serta program deteksi bencana banjir di waduk Benanga melalui Earty Warning System (EWS). (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #desa-berambai #andi-harun #pemkot-samarinda #wifi-gratis 

Berita Terkait

IKLAN