Selasa, 23 April 2024 05:45 WIB

Daerah

Ratusan Masyarakat Antusias Tonton Pawai, Andi Harun: Persembahan Buat Masyarakat

Redaktur: Rahmadani
| 851 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Jeri Rahmadani/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Ratusan ribu masyarakat Kota Tepian tampak antusias menyaksikan langsung pawai peringatan HUT RI ke-77 yang digelar Pemkot Samarinda, Sabtu, 20 Agustus 2022. 

Wali Kota Samarinda, Andi Harun menyebut kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur akan sejarah hari kemerdekaan. 

"Pawai yang kita lakukan hari ini, sebuah persembahan untuk masyarakat setelah kurang lebih 3 tahun pandemi Covid-19 (pawai tidak digelar, Red)," ungkap Andi Harun kepada awak media. 

Ada tiga hal yang orang nomor satu di Samarinda itu sampaikan. Pertama, mengenai kewajiban seluruh pihak mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. 

Sebab menurutnya, apa yang dinikmati hingga hari ini adalah buah dari perjuangan pahlawan dan pendiri bangsa dalam meraih kemerdekaan. 

"Kedua yang ingin kita wariskan yaitu sikap juang tidak pernah pantang menyerah dan mengeluh. Pantang menyerah terhadap semua tantangan yang dihadapi oleh bangsa dan negara, termasuk untuk membangun daerah," ucapnya. 

Akan hal tersebut, hal ketiga disampaikan Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu seluruh pihak seyogyanya bersatu, kompak, dan terus meninggikan semangat juang untuk kemajuan bangsa serta kesejahteran masyarakat. 

"Begitu hebatnya para pejuang terdahulu, sangat besar pengorbanannya. Tidak hanya pikiran, tenaga, tetapi mengorbankan jiwa raga," kata Andi Harun. 

"Maka pesan dari pejuang itu, kita semua mulai dari pejabat sampai masyarakat, jangan sekali-kali menjadi pengkhianat bangsa ini. Mari kita perkokoh negara persatua, menjaga pancasila, undang-undang 45 dan kebinekaan," sambungnya. 

Sebagai informasi, pawai dan Karnaval Budaya Nusantara Kota Samarinda 2022 ini turut disaksikan langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor bersama wakilnya Hadi Mulyadi serta Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. 

Pawai diikuti 93 rombongan pejalan kaki dan 103 kendaraan hias yang merupakan peserta pawai. 

Titik start pawai dimulai dari Jalan Kesuma Bangsa menuju Jalan Bayangkara, Jalan Awang Long, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan KH Khalid, Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Agus Salim dan terakhir kembali ke titik awal yakni di Jalan Kesuma Bangsa, Kawasan GOR Segiri. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pawai-samarinda-2022 #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN