Rabu, 24 April 2024 04:34 WIB

Daerah

Masih Empat Persen, Andi Harun Sebut Inflasi di Samarinda Aman dan Terkendali

Redaktur: Rahmadani
| 787 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Jeri/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Lonjakan inflasi yang terjadi di seluruh penjuru nusantara pasalnya juga terjadi di berbagai wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), tak terkecuali di Kota Samarinda.

Meski demikian, Wali Kota Samarinda Andi Harun menegaska angka iflasi di Kota Tepian masih normal dan terkendali.

“Kita masih di angka 4 persen (inflasi). Meski ada daerah yang sudah mencapai 6-7 persen. Kemarin juga presiden sudah menyebut lima daerah tertinggi inflasinya. Yang jelas Samarinda masih normal dan terkendali,” ucap Andi Harun, Rabu, 14 September 2022, kemarin, saat jumpa pers bersama awak media.

Keberhasilan Samarinda mengendalikan laju angka inflasi dikatakan mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu tak lepas dari kerja baik Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Kinerja TPID Samarinda, lanjut Andi Harun, tak hanya turun ke lapangan dan mengecek langsung harga kebutuhan pokok dan penting (Bapokting) setiap waktu. Melainkan turut melakukan koordinasi lanjutan kepada pengusaha dan para distributor.

“Kita bersyukur tim TPID terus bergerak cepat melakukan monitoring lapangan,” kata Andi Harun.

Andi Harun melanjutkan, kendati kinerja TPID dinilai baik dan responsif, dalam tiga hari terakhir ia juga sempat melakukan pemantauan dilapangan secara langsung untuk memastikan angka inflasi Samarinda.

“3 hari beruturut-turut saya cek. Harga masih stabil. Kecuali telur ada sedikit kenaikan. Tapi itu hanya terjadi di satu pasar (Pasar Merdeka). Untuk beras dan kebutuhan pokok lainnya masih relatif aman dan stabil,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo pada Senin lalu memimpin pembahasan pengendalian inflasi dengan seluruh kepala daerah secara hybrid di Istana Negara, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi membeberkan provinsi hingga kota yang mencatatkan inflasi tertinggi. (***)

Berikut Daftar Wilayah Dengan Inflasi Tertinggi RI:

Provinsi:

Jambi

Sumatra Barat

Bangka Belitung

Aceh

Kepulauan Riau

 

Kabupaten/Kota:

Luwu

Jambi

Kotabaru

Sampit

Tanjung Selor

Jayapura

Sintang

Sibolga


TOPIK BERITA TERKAIT: #inflasi #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN