Jumat, 19 April 2024 10:53 WIB

Daerah

Minta Pemkot Samarinda Terapkan Lelang Dini, Novan Sebut Pembangunan Akan Lebih Cepat

Redaktur: Rahmadani
| 749 views

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Muhammad Novan Syahronny Pasie. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Muhammad Novan Syahronny Pasie, menyebut pembangunan di Kota Tepian di bawah kepemimpinan Andi Harun - Rusmadi telah sesuai dengan program yang disusun. 

Khususnya pembangunan infrastruktur dalam rangka penanganan banjir, disebutkan Novan memang ada pengerjaan proyek yang bisa diselesaikan secara langsung dalam tahun anggaran berjalan, dan ada yang harus dikerjakan di tahun berikutnya. 

"Di tahun 2023 akan cenderung melanjutkan kegiatan yang belum selesai di 2022 ini. Karena bicara penanganan banjir itu tak bisa sepotong-sepotong, harus terkoneksi semua," ucap Novan, belum lama ini. 

Politisi Golkar itu mengakui, dengan APBD Kota Samarinda yang terbatas, mau tak mau sejumlah program dilanjutkan pada 2023 mendatang. Sehingga, pada saat akhir tahun 2024 nanti banyak diharapkan semua kegiatan bisa terselesaikan. 

"Agar masyarakat bisa menerima dan merasakan langsung manfaatnya," ucapnya. 

Sementara itu, disinggung mengenai realisasi anggaran pembangunan oleh Pemkot Samarinda, Novan menyebut serapannya sudah mencapai 50 persen. 

"Realisasi anggaran fisik, pada saat hearing Agustus lalu sudah masuk di angka 50 persen. Sudah klir. Karena kendala kemarin adalah masalah asistensi dan lain-lain. Tentang kondisi lelang juga sudah selesai," jelas Novan. 

"Lelang kita, di Agustus itu laporan dari PUPR sudah 100 persen terlelang. Jadi tinggal kontrak dan pelaksanaan fisik sampai akhir tahun 2022," paparnya. 

Novan menambahkan, agar progres pembangunan di Kota Tepian semakin pesat, ia pun mendorong Pemkot Samarinda untuk menerapkan lelang dini seperti halnya di Kementerian PUPR RI. 

"Seperti di APBN, pada saat pengetukan di bulan September-Oktober, itu di Desember sudah ada lelang dini. Sehingga di Januari tahun berikutnya tinggal menunggu pejabat yang akan menempati, saat mereka dilantik, pelaksanaan sudah berjalan," terangnya. 

"Mekanisme ini juga yang kami dorong ke Pemkot Samarinda agar bisa mempelajari aturan yang ada. Kalau bisa melaksanakan seperti itu, kita punya waktu jauh lebih panjang, dan (proyek) bisa selesai lebih cepat," imbuhnya. 

Terpenting, ditegaskan Novan, realisasi anggaran yang cepat maka manfaatnya bisa dirasakan dengan cepat pula oleh masyarakat. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #muhammad-novan-syahronny-pasie #dprd-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN