Sabtu, 20 April 2024 12:09 WIB

Advetorial

DPRD Samarinda Imbau Pentingnya Administrasi di Tengah Arus Migrasi

Redaktur: Redaksi
| 324 views

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti bahwa persyaratan itu adalah hal wajib yang harus dipenuhi setiap imigran di Kaltim maupun Samarinda. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Arus migrasi yang tiap tahun semakin meningkat, pasalnya juga terjadi di Kalimantan Timur. Tak Terkecuali Samarinda.

Peningkatan migrasi itu tak ayal menjadi sesuatu yang harus dengan sigap diperhatian bersama. Khususnya terkait perihal administrasinya.

“Administrasi yang lengkap itu penting, agar tidak serta merta ada izin tinggal permanen,” Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti, Senin (6/2/2023).

Lanjut dikatakanya, migrasi pendudukke Kaltim pada 2022 tercatat meningkat hingga 30,99 persen dari data Badan Pusat Statistik Kaltim.

Meski menjadi tanda baik, akan pertumbuhan di Kaltim. Namun peningkatan migrasi tersebut sejatinya harus diiringi dengan ke administrasian yang lengkap.

”Izin tinggal sementara selama 6 bulan hingga satu tahun. Kalau lebih harus ada administrasinya yang perlu diperpanjang atau dilengkapi, dan ini penting,” tegas Puji.

Ia juga menyampaikan, kebanyakan warga yang datang ke Samarinda adalah mereka yang termarjinalkan di daerahnya. taraf pendidikannya pun rendah dan tidak memiliki keahlian.

Maka perihal itu ke depannya bisa menimbulkan dampak buruk bagi daerah yang menampung.

“Tidak memiliki keahlian bisa memicu terjadinya masalah sosial. Seperti banyaknya pengangguran, kemiskinan dan tingkat kriminalitas yang mau tidak mau harus diatasi oleh pemerintah,” tambahnya.

Politisi Demokrat ini mengharapkan, pemerintah harus membangun sarana pendidikan, lapangan pekerjaan, perumahan dan lain sebagainya dengan pendataan administrasi yang lengkap, sehingga semua program yang dicanangkan jelas dan terukur.

“Adanya lapangan pekerjaan tentunya akan mengurangi angka kriminalitas terjadi, apa lagi permasalahan kesejahteraan masyarakat yang hingga kini belum juga terselesaikan,” pungkasnya. (adv/dprdsamarinda)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #sri-puji-astuti #dprd-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN