Rabu, 24 April 2024 03:59 WIB

Advetorial

DPRD Samarinda Yakini Proyek Terowongan Selili Sudah Melalui Kajian Ahli

Redaktur: Redaksi
| 394 views

Markaca anggota Komisi III DPRD Samarinda yang mendukung pembangunan proyek Terowongan Selili. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Meski bertujuan baik untuk menyelesaikan permasalahan di Samarinda, namun tak sedikit pihak yang meragukan keamanan dari mega proyek Terowongan Selili.

Proyek bernilai ratusan miliar yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda itu dipastikan oleh para anggota dewan telah aman dan melalui kajian ahli.

Dukungan pembangunan Terowongan Selili itu disuarakan oleh Markaca anggota Komisi III DPRD Samarinda

Kata dia, Terowongan Selili yang mulai digarap Februari 2023 saat ini dan rampung pada 2024 mendatang itu sejatinya aman dan telah teruji.

Sebab, sejumlah kajian mendalam akan pembangunan terowongan itu telah dilakukan secara serius dan seksama oleh sejumlah ahli dibidang konstruksi.

“Yang jelas kita bicaranya rasional. Nggak mungkin wali kota melakukan pekerjaan besar tanpa kajian ilmiah,” jelasnya, Rabu (8/2/2023).

Selain kajian ilmiah, lanjut Markaca, faktor lingkungan dan keselamatan pun sejatinya telah selesai dibedah dan dibahas secara mendalam. Sehingga proyek yang telah digaungkan itu telah layak dan lolos uji.

“Karena segala sesuatunya itu harus berbicara keselamatan dulu, baru yang lain,” tegasnya.

Pihaknya juga telah memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda sebelumnya. Dari pertemuan tersebut, dia memastikan secara geologis yang dipaparkan oleh pihak PUPR, dan secara teknis tidak ada masalah.

“Kemarin kita memanggil PUPR yang menjelaskan secara teknis secara geologis semua tidak ada masalah,” katanya.

Ia mengatakan, untuk memulai sebuah perubahan, kita  beradaptasi dengan semua terobosan yang dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun. Meskipun nantinya menuai pro kontra itu hal yang wajar karena asumsi masyarakat berbeda-beda.

“Tapi yang saya yakini, proyek ini paten dan segala aspeknya sudah dikaji tinggal pelaksanaannya aja. Harapannya pak wali sebelum purna tugas, terowongan sudah jadi,” pungkasnya. (adv/dprdsamarinda)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-samarinda #markaca #terowongan-gunung-manggah 

Berita Terkait

IKLAN