Sabtu, 20 April 2024 01:23 WIB

Daerah

Bupati Edi Damansyah Resmikan Lumbung Pangan di Desa Giri Agung, Harapkan Jadi Sentra Pemasok Beras di Sebulu

Redaktur: Redaksi
| 576 views

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat meresmikan lumbung pangan di wilayah Desa Giri Agung, Selasa (21/22/2023). (Istimewa).

Samarinda, Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah telah meresmikan lumbung pangan di wilayah Desa Giri Agung, Selasa (21/22/2023) pagi. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pengoperasian mesin penggilingan padi berkapasitas 5 ton. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Edi Damansyah mengatakan lumbung pangan yang diletakan di Desa Giri Agung lantaran wilayahnya cukup luas akan potensi hasil sawah dan pertanian hortikultural di wilayah Kecamatan Sebulu.

Bupati meminta Kepala Desa untuk melakukan pembelajaran ke Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu. Sebab, daerah tersebut tata kelola dan pengembangannya sudah bagus melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Akan hal tersebut, Edi berharap gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang mengelola lumbung pangan Desa Giri Agung bisa bersinergi dengan BUMDes Segihan, sehingga pengembangannya berjalan sesuai yang diharapkan.

“Jadi nanti ada kawasan-kawasan persawahan kelompok yang dikelola dari hulu ke hilirnya, dari awal olah tanahnya sampai pada hasil panennya, nanti dibeli oleh BUMDes melalui badan usaha yang dikelolanya,” harapnya.

Edi juga berharap, semua hasil pertanian di Desa Giri Agung ini bisa serap. Sehingga kebutuhan beras perusahaan – perusahaan yang beroperasi di daerah ini pun bisa dipenuhi melalui lumbung pangan Desa Giri Agung.

“Kualitasnya harus bisa bersaing dan bisa memenuhi standar. Nanti teman-teman Gapoktan yang akan memikirkan itu, mudah – mudahan ini menjadi salah satu upaya memecahkan permasalahan harga beras, karena kalo sudah panen bersamaan harga beras turun,” ujarnya.

Oleh karena itu, adanya lumbung pangan bisa menyerap semua hasil petani sehingga harganya pun dapat stabil. (*)


Editor : Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #edi-damansyah #pemkab-kukar #desa-giri-agung #lumbung-pangan 

Berita Terkait

IKLAN