Jumat, 26 April 2024 09:58 WIB

Advetorial

Komisi IV Bahas Kesetaraan Penyandang Disabilitas Bersama NPCI Samarinda

Redaktur: Redaksi
| 362 views

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti saat menerima kunjungan NPCI Samarinda. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Kesetaraan para penyandang disabilitas yang masih minim terus menjadi pembahasan serius hingga saat ini.

Terlebih bagi mereka yang berperan sebagai atlet dan berpotensi mengharumkan nama Samarinda ditingkatan event olahraga.

Oleh sebab itu, para anggota DPRD Samarinda di Komisi IV melakukan pembahasan kesetaraan kesejahteraan itu bersama National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Samarinda pada Jumat (3/3/2023).

Dalam pertemuan itu, Ketua NPCI Samarinda, Muhammad Ali menyampaikan beberapa keluhan dari para atlet penyandang disabilitas.

Seperti minimnya perhatian dari pemerintah, baik dari sisi kegiatan hingga anggaran untuk sarana dan prasarananya.

“Dan yang paling utama adalah untuk pengadaan alat dan transportasi,” ungkap Ali.

Selain menyuarakan keluhan para atlet disabilitas, Ali sejatinya juga mengharapkan adanya bantuan berupa anggaran yang bisa diberikan pemerintah.

Tujuannya, tak lain untuk memberikan fasilitas yang layak kepada para atlet disabilitas. Seperti pembelian kursi roda khusus untuk berolahraga.

“Karena kebutuhan yang paling mendesak adalah alat dan kursi roda khusus sport. Karena yang ada saat ini hanya kursi roda biasa (kesehatan),” tambahnya

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti pun memberikan kesepakatannya. Kata dia, sarana dan prasarana adalah hal penting yang harus bisa diberikan pemerintah kepada kaum disabilitas.

Terlebih jika para disabilitas adalah atlet yang berpotensi untuk mengikuti kejuaran ditingkat nasional dan bisa mengharumkan nama daerah.

“Tentu, harapan kita juga sama. Yakni agar para atlet (disabilitas) bisa mendapat pemenuhan hak mereka. Kesetaraan dalam bermasyarakat dan kesempatan yang sama dengan orang lainnya,” tegasnya.

Selain mengutarakan dukungannya, Puji juga menjelaskan kalau pihaknya terus melakukan koordinasi kepada operasi perangkat daerah (OPD) yang dimiliki Pemerintah Kota Samarinda. Seperti Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Samarinda.

“Iya kita setiap bulannya sudah terus melakukan koordinasi terkait hal-hal tersebut,” pungkasnya. (adv/dprdsamarinda)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-samarinda #npci-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN