Sabtu, 20 April 2024 08:57 WIB

Advetorial

Dispar Akan Penuhi Sarana dan Prasarana Wisata di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 575 views

Salah satu potensi destinasi di Kukar. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pada tahun ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar berencana akan memberikan bantuan untuk mengembangkan objek wisata yang ada di Kukar.

Bantuan yang diberikan yakni berupa pemenuhan sarana dan prasarana (Sapras) dan perbaikan infrastruktur.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan bahwa hal ini dilakukan guna menambah daya tarik kepada wisatawan yang melancong ke Kukar.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa pemenuhan sarana dan prasarana bagi objek wisata ini merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

"Ini merupakan bentuk komitmen nyata Pemkab dalam mewujudkan pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (27/3/2023).

Slamet memaparkan bahwa pihaknya juga akan memberikan bantuan sarana dan prasarana bagi desa yang ingin naik tingkat menjadi desa wisata.

"Tahun ini kami siap membantu dan memberikan bantuan Sapras penunjang bagi desa yang ingin mengusulkan menjadi desa wisata. Bantuan yang akan diberikan berupa tempat wisata, kita bantu dengan spot camping untuk kemah, toilet. Kemudian untuk home stay kita bantu seperti tilam, bantal dan sapras lainnya di tempat wisata," ucap Slamet.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa bantuan pengembangan desa wisata hanya dapat diberikan jika desa sudah memiliki objek wisata dan telah aktif dikelola baik oleh Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Setelah mengajukan permohonan bantuan yang dilengkapi dengan laporan, nantinya Dispar Kukar akan berkordinasi aktif dengan pengelola objek wisata tersebut, untuk memantau perkembangan objek wisata tersebut.

"Saya berharap pariwisata di Kabupaten Kukar terus meningkat dan memberikan multiplayer efeknya, kemudian bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat." pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #wisata-kukar #dispar-kukar #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN