Sabtu, 20 April 2024 01:30 WIB

Advetorial

Seminggu Hasilkan 3 Ton Beras, PemDes Beloro Harapkan Bantuan Pemkab Untuk Pemasaran

Redaktur: Redaksi
| 473 views

Kantor Desa Beloro. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Desa Beloro yang berada di Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diketahui memiliki potensi pertanian yang terbilang cukup baik. Pasalnya, di desa tersebut terdapat 6 kelompok tani yang berperan penting dalam ketahanan pangan warga.

Kepala Desa Beloro, Muhammad Muhtar mengatakan bahwa enam kelompok tani tersebut kebanyakan merupakan petani padi. Hasil panen padi kemudian diolah menjadi beras dan biasanya dijuak kembali ke masyarakat.

Bahkan dari hasil panen itu, kelompok tani di Desa Beloro tak main-main. Sebanyak tiga ton beras dapat dihasilkan oleh para petani dalam kurun waktu mingguan saja.

"Hasilnya 3 ton beras per minggu. Sejauh ini hanya di pasarkan bagi warga desa saja. Belum ada impor ke luar," ungkapnya saat diwawancarai awak media, Senin (3/4/2023).

Dengan hasil pertanian yang melimpah itu, Muhtar berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk memasarkan beras hasil Desa Beloro itu.

"Untuk padi pemasarannya masih sebatas di desa Bloro, dan hasil taninya kadang tidak menentu," ucap Muhammad Muhtar.

Selain itu, juga terdapat kendala dalam pertanian di Desa Beloro. Muhammad Muhtar mengaku kendala terbesar dalam pertanian di Desa Beloro yakni akibat kurangnya sarana dan prasarana, seperti kanal air.

Adanya kanal air dinilainya sangat penting guna menjaga air banjir masuk ke persawahan yang menyebabkan gagal panen.

"Sarana dan prasarana kami kurang menunjang, sejauh ini yang warga keluhkan sarana dan prasarananya," jelasnya.

Dirinya berharap pemerintah bisa membantu dalam hal sarana dan prasarananya, seperti membuatkan sebuah kanal, karena areal pertanian kerap kebanjiran saat musim hujan, lalu kekeringan di musim kemarau sehingga pengelolaan lahan pertanian tidak maksimal.

"Saat air hujan masuk ke sawah jadi banjir dan itu akan menyebabkan gagal panen, Kami mengharapkan dukungan pemerintah agar berjalan terus sehingga kami dapat meningkatkan produktifitas pertanian," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #desa-beloro #produksi-beras-kukar #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN