Minggu, 28 April 2024 03:09 WIB

Daerah

Pemprov Kaltim Beri Bantuan 295 Alsintan untuk 9 Kecamatan di Kukar

Redaktur: M. Yusuf
| 393 views

Foto : Suasana penyerahan bantuan Alsintan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Poktan di Kukar.

Tenggarong, Afiliasi.net - Dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) menyerahkan bantuan 295 unit alat mesin pertanian (Alsintan) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Pemberian bantuan Alsintan itu diberikan langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor saat mengikuti Gerakan Tanam 1.000 Hektare, di Lapangan Sepakbola Kelurahan Bukit Biru, Tenggarong pada Senin (3/7/2023).

Alsintan itu diserahkan secara simbolis kepada para kelompok tani (Poktan) yang ada di 9 Kecamatan di Kukar. Alsintan yang diberikan yakni berupa hand tractor dan combine harvester.

Plh Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim, Reni Susilowati mengatakan bahwa bantuan Alsintan di Kukar ini merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan 9 Kabupaten/Kota lainnya.

Hal ini dikarenakan, selama ini terbukti Kukar mampu menyuplai kebutuhan pangan di Kaltim melalui sektor pertaniannya.

"Seperti yang kita tahu memang potensi di Kukar ini sangat luas," ucap Reni Susilowati saat dikonfirmasi awak media.

Meski begitu, Reni mengungkapkan bahwa Pemprov Kaltim tak hanya memberikan bantuan Alsintan saja, melainkan juga bantuan lain berupa sarana produksi seperti kapur, dan pupuk organik.

"Termasuk peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) para petani, berupa pembinaan teknik pertanian turut dilakukan," ungkapnya.

Tujuannya dikatakan Reni, agar Kukar mampu membantu kebutuhan pangan bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya.

"Jadi bantuan yang diberikan bukan hanya alat mesin pertanian tetapi juga pembinaan bagi para petaninya," pungkasnya. (*)

 

Penulis : Tim Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kukar #gubernur-kaltim #isran-noor #ketahanan-pangan-kaltim #kutai-kartanegara 

Berita Terkait

IKLAN