Minggu, 28 April 2024 10:34 WIB

Daerah

Wujudkan Ketahanan Pangan yang Kuat, Gubernur Kaltim Lakukan Gerakan Tanam 1.000 Hektare di Kukar

Redaktur: M. Yusuf
| 469 views

Foto : Gubernur Kaltim Isran Noor saat menanam padi dalam kegiatan Gerakan Tanam 1.000 Hektare.

Tenggarong, Afiliasi.net - Guna menguatkan dan menjaga kestabilan ketahanan pangan di Kalimantan Timur (Kaltim), Gubernur Kaltim Isran Noor lakukan kegiatan Gerakan Tanam 1.000 Hektare di Kelurahan Bukit Biru, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada Senin (3/7/2023).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kuat.

Selain itu, gerakan ini merupakan bentuk antisipasi atas isu fenomena El Nino yang diprediksi akan memuncak pada bulan Agustus 2023. Sehingga kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga ketahanan pangan.

"Dari prediksi BMKG bulan Agustus akan mengalami puncak El Nino, karena itu di seluruh Indonesia supaya segera mengantisipasi, minimal 1.000 Hektare per kabupaten dan kota," ucap Isran Noor.

Dalam kegiatan ini, Isran Noor juga sempat mengapresiasi kinerja Kodim 0906/KKR melalui kegiatan karya baktinya yang melakukan perluasan area pertanian di Kukar.

"Kemarin yang dilakukan oleh Dandim 0906/Kukar melalui Karya Bhakti melakukan perluasan areal, itu bagus," lanjut Isran.

Isran juga mengaku bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim juga terus mencucurkan anggaran sektor pertanian, sebesar Rp 5 sampai 10 miliar.


"Tentunya dengan adanya anggaran ini, diharapkan untuk bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membangun pertanian di Kaltim," ungkapnya.

"Untuk bisa segera memberikan dorongan kepada para produsen, para petani dan nelayan kita untuk segera melakukan upaya peningkatan pertanian," pungkasnya.

Sementara itu, Asisten II Setkab Kukar, Wiyono menyampaikan bahwa capaian produktivitas dalam sektor pertanian tahun 2022 lalu dimana Kukar dapat menghasilkan 106.117,23 ton gabah kering giling yang jika dikonversikan menjadi beras sebesar 61.725,02 ton.

Capaian ini diperoleh dari lahan pertanian seluas 26. 444,70 hektare yang tersebar di seluruh Kutai Kartanegara.

"Dengan bantuan dan kegiatan hari ini, bersama-sama untuk meningkatkan capaian produktivitas beras di Kaltim pada musim panen tahun 2023 dan musim-musim panen mendatang," sebut Wiyono. (*)

 

Penulis : Tim Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kukar #gubernur-kaltim #isran-noor #pemkab-kukar #kutai-kartanegara 

Berita Terkait

IKLAN