Minggu, 19 Mei 2024 05:43 WIB

Advetorial

Tingkatkan Perekonomian Warga, BUMDes Lebak Mantan Fasilitasi 5 Mesin Produksi Tusuk Sate

Redaktur: Redaksi
| 447 views

Ilustrasi tusuk sate. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Guna membantu peningkatan perekonomian warga yang berada di Desa Lebak Mantan, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lebak Mantan bantu fasilitasi mesin produksi tusuk sate.

Diketahui bahwa produk tusuk sate yang ada di Desa Lebak Mantan memang merupakan mata pencaharian sampingan warga di sana. Bahkan, dalam 1 bulan warga Desa Lebak Mantan dapat produksi sebanyak 5 ribu hingga 10 ribu tusuk sate.

"Namun hanya ada 5 warga yang difasilitasi mesin oleh Bumdes. Jika memakai mesin hasil produksi tusuk sate dalam sehari bisa 5000-6000 tusuk sate," ucap Kepala Desa Lebak Mantan, Satibi Yusuf saat dikonfirmasi awak media, Senin (10/4/2023).

Sementara tusuk sate tersebut dijual per ikat isi 1000 dengan harga Rp. 15 ribu. Pemasaran tusuk sate ini masih minim, hanya dijual ke Tenggarong atau Samarinda.

"Kita kedepan akan berkoordinasi dengan Dinas terkait seperti, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, dan Dinas Koperasi dan UKM, untuk pemasaran, kemasan, dan pelatihan," ucapnya.

Menurutnya, tusuk sate yang sudah di kemas dengan baik, tentunya ada nilai tambahnya. Sehingga perekonomian masyarakat juga meningkat.

"Sebenarnya produksi tusuk sate ini menjanjikan, dari bahan bakunya tidak ada kendala, namun pemasarannya saja yang belum luas. Kalau pemasarannya sudah luas, mungkin bisa saja ditambah mesin produksinya," ungkapnya.

Dirinya berharap, meskipun produksi tusuk sate ini hanya sampingan, tapi terus digeluti, berinovasi, sehingga produksi tusuk sate terus berkembang. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #bumdes-lebak-mantan #diskominfo-kukar #usaha-tusuk-sate 

Berita Terkait

IKLAN