Minggu, 19 Mei 2024 03:53 WIB

Advetorial

Modernisasi Sektor Pertanian, Distanak Kukar Miliki Drone Penyemprotan Hama

Redaktur: Redaksi
| 296 views

Kadis Distanak Kukar, Sutikno. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Di era modern seperti sekarang terbilang sangat memudahkan masyarakat dalam beraktivitas sehari-sehari. Bahkan, sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pun kini juga telah dimodernisasi dengan adanya bantuan dari drone untuk penyemprotan lahan pertanian.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Sutikno saat dikonfirmasi awak media, Senin (10/4/2023).

Ia mengatakan bahwa drone seharga Rp 200 juta milik Distanak Kukar itu berguna untuk melakukan penyemprotan hama di lahan pertanian. Tujuannya guna menangani permasalahan hama pada lahan pertanian di Kukar.

"Drone ini khusus penyemprotan tanaman, kapasitas 30 liter. Kita sudah lakukan beberapakali ujicoba dan Alhamdulilah respon masyarakat sangat antusias," ucap Sutikno.

Sutikno mengungkapkan, dengan adanya Drone ini terbilang terbukti efektif mempercepat proses penyemprotan lahan. Dimana pada masa uji coba, didapati fakta bahwa alat ini mampu menyemprot lahan seluas 10 hektar dalam waktu kurang dari 1 jam.

"Sehingga dengan alat adanya alat ini diharapkan, mampu mempercepat pengendalian hama pada lahan pertanian di Kukar," ungkapnya.

Selain itu, Sutikno menguraikan bahwa dengan adanya modernisasi sektor pertanian ini, maka diharapkan dapat merubah stigma muda-mudi yang selalu beranggapan jika sektor pertanian selalu bersentuhan dengan hal kotor.

"Jadi kita juga sekaligus memberikan edukasi pada anak muda, supaya mau kembali bertani. Karena sebenernya pertanian di Kuakr ini kan sudah terbilang maju, dari persiapan lahan sampai panen kita semua pakai alsintan. Jadi kami berharap kedepan anak muda ini kembali melirik sektor pertanian" pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #modernisasi-sektor-pertanian #pembasmi-hama #potensi-pertanian-kukar #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN