Sabtu, 20 April 2024 03:55 WIB

Advetorial

Posyandu Matahari Kelurahan Sanipah Kembangkan Pertanian Sayur Hidroponik

Redaktur: Redaksi
| 330 views

Suasana panen sayur yang dilakukan oleh anggota Posyandu Matahari bersama anggota kelompok wanita tani. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Posyandu Matahari di Kelurahan Sanipah, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengembangkan pertanian hidroponik dengan membangun kelompok wanita tani dari RT 11 dan 10 yang ada di Kelurahan Sanipah.

Dengan mengelola Pertanian hidroponik, bersama kelompok wanita tani. Posyandu Matahari sukses menjadi salah satu posyandu yang mandiri, baik secara finansial maupun pemberian layanan kesehatan pada ibu dan bayi.

"Bahkan bisa memberikan tambahan penghasilan bagai para anggota kelompok wanita tani di RT 10 dan 11," ucap Lurah Sanipah, Tofikurachman saat di wawancarai awak media, Rabu (19/4/2023).

Pertanian sayur hidroponik itu tak hanya dilakukan di lingkungan Posyandu saja, namun juga di masing-masing rumah para anggota kelompok wanita tani.

Atas prestasi yang telah di raih oleh Posyandu Matahari ini, Tofikurachman berniat menjadikan Posyandu Matahari sebagai percontohan bagi seluruh posyandu yang ada di Kukar.

"Semoga kita bisa buat semua posyandu yang ada di Kukar ini menjadi posyandu yang mandiri, posyandu Matahari ini akan kita jadikan sebagai percontohan," ungkapnya.

Selain menanam sayur, Posyandu Matahari bersama kelompok wanita tani, juga membudidayakan ikan dengan kolam dan membuat pakan ikan dalam bentuk pelet. Dimana sayur mayur dan ikan yang mereka hasilkan dijual pada masyarakat sekitar.

"Sedangkan untuk pakan ikan mereka biasanya pakai sendir, tapi ada juga yang di jual," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #posyandu-matahari #hidroponik #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN