Minggu, 19 Mei 2024 01:21 WIB

Advetorial

Nelayan Desa Melintang Mampu Suplai 2 Ton Ikan Untuk Kaltim

Redaktur: Redaksi
| 431 views

Ilustrasi Nelayan di Desa Melintang (Istimewa)

 

Tenggarong, Afiliasi.net - Desa melintang, yang berada di Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diketahui merupakan salah satu desa dengan jumlah penduduk yang didominasi oleh warga yang berprofesi sebagai nelayan.

Dengan banyaknya warga Desa Melintang yang berprofesi sebagai nelayan itu, bahkan bisa menopang kebutuhan ikan air tawar di Kalimantan Timur (Kaltim)

Kepala Desa (Kades) Melintang, Muhdi mengatakan bahwa warga di desanya mampu menghasilkan 2 ton ikan segar dalam satu hari. Ikan hasil tangkapan para nelayan itu kemudian di jual dan distribusikan ke kota dan kabupaten di Kaltim, Seperti Samarinda hingga Tenggarong.

"Ikan hidup dari sini dikirim rutin setiap hari, rata-rata satu pengepul bisa mengirim ikan 200 kilogram (Kg). Kalo ada 10 orang kan berati ada sekitar 2 ton ikan perharinya," ucap Muhdi, Selasa (2/5/2023).

Bahkan, Muhdi juga mengaku bahwa saat musim panen ikan tiba, nelayan di desa bisa menghasilkan hingga lima kali lipat dari hasil tangkapan biasanya. Perharinya para nelayan di Desa Melintang bisa menangkap dan menjual ikan hingga 10 ton.

Ikan yang dikirim pun beragam, biasanya ikan dengan harga jual tinggi. seperti Baung, Toma, Patin, lais, hingga ikan puyu. Ikan-ikan itu dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp. 35 - 100 ribu, per kilogramnya.

"Rata-rata nelayan di sini menjual ke tengkulak lokal, baru nanti dibawa ke Samarinda atau Tenggarong," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kukar #hasil-perikanan-kukar 

Berita Terkait

IKLAN