Minggu, 28 April 2024 12:25 WIB

Daerah

Merangkum Realisasi Program Kukar Idaman yang Telah Dilaksanakan oleh Pemkab Kukar Hingga Triwulan II/2023

Redaktur: Redaksi
| 406 views

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah dan wakilnya Rendi Solihin. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Meski baru menginjak bulan ke-6 pada tahun 2023 ini, namun telah banyak program yang telah digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Bahkan berbagai kegiatan juga banyak yang dihelat oleh Pemkab Kukar guna mewujudkan visi misi Kutai Kartanegara Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri (Kukar Idaman).

Kegiatan dan pencapaian Pemkab Kukar dalam Triwulan II tahun 2023 ini dirangkum dalam kaleidoskop, sebagai berikut :

Bupati Kukar Canangkan Inovasi Penggunaan Pupuk Organik Bagi Lahan Pertanian

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) masih terus berupaya mendorong pengembangan pada sektor pertanian dalam upaya mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN).

Upaya yang dilakukan pun tak hanya melalui pembangunan infrastruktur pendukung saja, melainkan juga dengan membuat terobosan di bidang teknologi pertaniannya.

Yakni seperti, dengan melakukan transformasi teknologi pada penggunaan pupuk, yaitu dari penggunaan pupuk kimia ke pupuk organik.

Dengan adanya pengembangan terkait dengan penggunaan pupuk kimia ke organik ini, Edi Damansyah berharap akan sesuai pada karakteristik lahan pertanian di Kukar.

"Semoga pengembangan ini nanti cocok dengan karakteristik lahan pertanian kita, sehingga kedepan nanti kita bisa lakukan lebih besar lagi. Sementara nanti kita akan coba di beberapa titik, seperti di wilayah muara Kaman, Sebulu, Tenggarong Sebrang, dan Loa Kulu," ungkapnya.


Pemkab Kukar Gencarkan Program 25 Ribu Nelayan Produktif

Dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan para nelayan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar gelontorkan dana hingga Rp 219 miliar untuk program 25 Ribu Nelayan Produktif.

Program tersebut meliputi pemberian bantuan bagi kelompok-kelompok nelayan, atau Pokdakan yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kukar.

Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan bervariatif. Mulai dari perahu, alat tangkap ikan dan perlengkapan budidaya ikan hingga bibit dan pakan ikan, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok.

"Kami berharap ada Multiplier Effect dari bantuan-bantuan yang kami serahkan, Ini semua saling berhubungan. Artinya dari bantuan perikanan ini juga ada yang menyasar kepada DTKS kita, atau masyarakat pra sejahtera, yang bergerak di bidang perikanan akan mendapatkan bantuan langsung," ucap Rendi Solihin.


Penguatan SDM di Kukar, Pemkab Kebut Program Pelatihan Kerja

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus menggencarkan program Kukar Siap Kerja untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kukar. Salah satu caranya yakni dengan rutin menggelar pelatihan kerja.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan langkah tersebut dilakukan pihaknya untuk menyiapkan calon pekerja yang berkompeten di bidangnya masing-masing.
Bahkan dalam hal ini, Pemkab Kukar juga bekerja sama dengan pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah Kukar untuk membuka pelatihan keterampilan.

Oleh karena itu, Edi meminta kepada perusahaan yang beroperasi di Kukar agar tidak merekrut tenaga kerja dari luar daerah dan memanfaatkan masyarakat lokal yang telah berkompeten.

“Kalau mengambil tenaga kerja dari luar daerah itu sama saja dengan tidak memberikan kesempatan kerja bagi generasi di Kukar,” ucap Edi.


Bupati Edi Damansyah Ajak Anak Muda Turut Kembangkan Sektor Pertanian

Demi mewujudkan Kabupaten Kukar sebagai lumbung pangan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN), Pemkab Kukar terus mengebut inovasi di bidang pertanian. Salah satu inovasi yang dicanangkan Pemkab Kukar yakni turut melibatkan generasi muda untuk turut serta mengembangkan sektor pertanian yang ada di Kukar.

“Jadi sektor pertanian ini harus dikelola oleh generasi muda. Itu yang terus saya sampaikan bahwa sektor pertanian hari ini sudah bergeser menjadi teknologi dan manajemen, artinya yang mengelola itu adalah anak muda,” jelas Edi.


Kafilah Kukar Menang MTQ Kaltim Berturut-turut

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah menyambut langsung kedatangan kafilah Musabaqh Tilawatil Quran (MTQ) Kukar yang telah berhasil menjadi juara umum pada MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Atas keberhasilan para kafilah Kukar itu, Edi Damansyah menjanjikan akan memberikan sejumlah bonus sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Hal itu dilakukannya, sebab Kukar telah menempati urutan pertama dalam 6 kali kompetisi berturut-turut dengan meraih nilai pada tahun ini sebanyak 104 poin.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kukar, para ulama, kiai, ustadz-ustadzah atas doa dan dukungannya. Sehingga kafilah Kukar kembali meraih prestasi juara umum MTQ tingkat provinsi kaltim 2023," ucap Edi Damansyah.


Apresiasi Para Atlet Kukar yang Raih Medali SEA Games, Pemkab Berikan Bonus Ratusan Juta

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) berikan bonus kepada para atlet asal Kukar yang berajang di Sea Games 2023 di Kamboja. Bonus tersebut diberikan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah kepada empat orang atlet asal Kukar. Yakni Muhammad Taufany Muslihudin yang berhasil meraih emas dalam cabang olahraga (cabor) bola, Annisa Safitria yang meraih perunggu dari cabor gulat, serta Ardam dan Jerry Effendi yang merupakan peraih perunggu dari cabor hoki.

Pemberian bonus itu sesuai dengan janji yang dilayangkan sebelumnya saat menyambut kepulangan para atlet dari Sea Games 2023. Hal itu sebagai bentuk apresiasi Pemkab Kukar kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Kukar.

"Saya berikan apresiasi berupa bonus, dan kedua saya sampaikan terimakasih kepada ketua KONI dan jajaran, pengcab cabor yang selama ini sudah bekerja melakukan pembinaan dan pelatihan dengan baik bagi para atlet," ucap Edi Damansyah.

Pemkab Kukar Berikan Bantuan Tandon Untuk Tempat Penampungan Air Bersih

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, menyerahkan 158 tandon air kepada masyarakat di Muara Sembilang dan Muara Jawa Pesisir. Rendi menjelaskan bahwa penyerahan tandon ini dilakukan guna menyokong ketersediaan air bersih di wilayah tersebut, terutama pada musim kemarau.

Rendi memprioritaskan dua wilayah tersebut karena Kecamatan Samboja maupun Muara Jawa Pesisir tidak bisa dijangkau PDAM dengan maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan tempat penampungan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan air bersih.

"Bantuan tandon ini untuk warga yang susah mendapatkan air bersih dan ini merupakan salah satu sasaran Pemkab Kukar," ujarnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #kukar-idaman #diskominfo-kukar #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN