Kamis, 02 Mei 2024 10:26 WIB

Daerah

Pulau Kumala Dinilai Mistis Hingga Banyak Gangguan Mahluk Halus, Begini Tanggapan Wabup Kukar

Redaktur: M. Yusuf
| 573 views

Foto : wisata Pulau Kumala di Kabupaten Kutai Kartanegara. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pulau Kumala, salah satu tempat wisata andalan yang terletak di tengah Sungai Mahakam, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini dinilai oleh sejumlah situs internet penuh dengan hal mistis dan berbau supranatural.

Bahkan, beberapa situs juga menyatakan bahwa wisata Pulau Kumala termasuk dalam kategori wisata indah namun terlarang untuk dikunjungi, sebab memiliki nuansa angker hingga banyak gangguan makhluk halus.

Terkait dengan isu Pulau Kumala yang dipenuhi suasana mistis dan supranatural ini, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin pun angkat bicara.

Ia menepis jika Pulau Kumala adalah wisata angker dan sepi pengunjung. Bahkan Rendi mengaku, Pulau Kumala merupakan salah satu tempat wisata andalan warga Kalimantan Timur, terutama Kukar.

"Tidak benar ya, Pulau Kumala pulau yang luar biasa, kebanggaan kita bersama," tegas Rendi Solihin saat dikonfirmasi, Rabu (28/6/2023).

Meski begitu, ia mengakui jika memang terdapat sejumlah fasilitas di Pulau Kumala yang rusak akibat sepi pengunjung saat pandemi Covid-19 melanda.

"Semenjak Covid-19 memang ada fasilitas yang rusak. Sekarang, pelan-pelan diperbaiki, dan sudah kita anggarkan untuk pengembangan di Pulau Kumala," ungkapnya.

Dengan tegas, Rendi menguraikan bahwa seluruh anggapan jika Pulau Kumala adalah salah satu destinasi wisata angker itu bukanlah hal benar.

"Sekali lagi, anggapan Pulau Kumala ini adalah pulau terlarang untuk dikunjungi tidaklah benar. Kami dari Pemkab Kukar bertekad untuk mengembangkan fasilitas penunjang lainnya guna menarik wisatawan," sebut Rendi.

"Terbukti dari jumlah kunjungan di libur Hari Raya Idul Fitri lalu, di mana pengunjung mencapai 3 ribu lebih," sambungnya.

Bahkan, diakui Rendi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar saat ini juga tengah mengebut pengembangan destinasi andalan itu. Hal itu bertujuan untuk melakukan pembenahan fasilitas di kawasan wisata Pulau Kumala.

Nantinya sejumlah fasilitas wisata akan dibangun di ikon wisata Kota Raja itu. Seperti membangun Waterbom mini untuk menarik minat wisatawan.

"Kita ingin seluruh tempat wisata di Kukar bangkit kembali, termasuk di Pulau Kumala. Ya, sambil menunggu investor, pengembangan kecil akan kami lakukan," pungkasnya. (*)

 

Penulis : Tim Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pulau-kumala #wisata-kukar #wakil-bupati-kukar #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN