Minggu, 19 Mei 2024 02:16 WIB

Advetorial

Wabup Kasmidi Ingin Local Market Sangatta 2023 Buka Peluang Baru Bagi UMKM Kutim

Redaktur: Redaksi
| 411 views

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang (kaos hitam) saat menabuh gendang tanda dibukanya Local Market Sangatta 2023. (Istimewa)

Kutim, Afiliasi.net - Local Market merupakan sebuah kegiatan yang dimulai pada tahun 2019 dan saat ini sedang mengalami pertumbuhan pesat. Awalnya, gagasan ini berasal dari para pengusaha kedai kopi di Sangatta yang memiliki tekad untuk memajukan usaha-usaha lokal di wilayah Kutai Timur melalui penyelenggaraan sebuah festival.

Meskipun sempat mengalami jeda selama setahun akibat pandemi COVID-19, acara tersebut kini telah berkembang secara drastis, bahkan berhasil melibatkan artis-artis nasional untuk memikat pengunjung agar turut meramaikan acara ini.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang menyampaikan tujuan diadakannya Local Market tersebut untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM, terkhusus untuk mereka yang masih pemula agar bisa melebarkan sayap usahanya.

“Jadi kita berikan kesempatan kepada para pemula, khususnya yang berusaha dalam bidang apapun dan terutama anak-anak muda lokal dari Kutai Timur,” ucapnya di atas Panggung Local Market, yang dipusatkan di Lapangan Heliped, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kamis (20/07/2023) malam.

Kasmidi melanjutkan dengan mengingat kembali penyelenggaraan pertama local market yang digelar di Townhall Sangatta pada tahun 2019 lalu. Sembari bernostalgia, dirinya menjelaskan acara tersebut telah berhasil menciptakan suasana meriah yang memikat banyak pengunjung.

Namun ketika pandemi COVID-19 melanda, kegiatan ini terpaksa mengalami jeda selama setahun. Setelah masa pandemi berakhir, Local Market terus berlanjut dan kembali menyapa para pengunjung dengan semangat yang baru.

“Tapi setelah itu, kita mulai lagi dan alhamdulillah malam hari ini kita ketemu lagi. Terimakasih banyak juga kepada para pengurus local market, dalam hal ini kita bentuk isinya anak-anak muda semua. Sehingga bisa mengkoordinir anak muda yang lain,” ujar orang nomor dua di Kutim ini.

Kasmidi juga berharap bahwa melalui kegiatan Local Market, para pelaku usaha lokal di Kutai Timur dapat semakin dikenal dan mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi di masa depan. 

Lebih lanjut, ia berharap bahwa usaha-usaha lokal tersebut bisa meraih prestasi di tingkat provinsi hingga internasional. Local market diharapkan dapat menjadi wadah yang memperluas peluang dan eksposur bagi para pelaku usaha lokal untuk mengembangkan potensi dan meraih kesuksesan yang lebih besar.

“Kita tidak membatasi itu kegiatannya apa, yang penting bisa menghasilkan uang pada saat itu. Konsepnya juga bukan yang asal pasang, ada edukasi didalamnya dan juga hiburan,” ungkap Kasmidi di hadapan ribuan pengunjung yang datang. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #local-market-sangatta #umkm-kutim #kasmidi-bulang #pemkab-kutim 

Berita Terkait

IKLAN